Sekolah Kelola Bank Sampah

0
502
BUDAYA: Siswa memainkan kesenian angklung di SD Negeri Tamanbaru, Banyuwangi.
BUDAYA: Siswa memainkan kesenian angklung di SD Negeri Tamanbaru, Banyuwangi.

BANYUWANGI – Saat ini proses penilaian fi nalis Green and Clean sedang berlangsung. Salah satu andalan kecamatan Banyuwangi untuk meraih yang terbaik di lomba penghijauan tersebut adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tamanbaru.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Sudah patut dibanggakan, karena SDN Tamanbaru yang berlokasi di jalan Majapahit 78 Banyuwangi ini, telah jauh hari sebelumnya membentuk tim penghijauan sebelum lomba Green and Clean digelar.

Hasilnya, mulai dari pintu gerbang, halaman sekolah, masuk ke dalam kelas hingga pojok belakang sekolah, semua tertata rapi, bersih dan tentu saja hijau. Banyak pohon rindang di halaman sekolah, ada pula taman-taman kecil. Sementara di depan tiap kelas terdapat tempat cuci tangan, lengkap dengan sabun dan handuk.

Walau sudah seluruh halaman menggunakan paving blok, namun untuk penyerapan air, biopori disiapkan hingga sudut sekolah. Tak luput dari pengamatan, tempat sampah kering dan basah juga tersedia.  Kepala SDN Tamanbaru, Ciptaningsih menjelaskan,sekolah itu sudah terbentuk pengolahan sampah kering dan basah menjadi kompos.

Selain itu, sekolah itu telahterbentuk kelompok yang bertanggung jawab untuk menangani kompos tersebut. Termasuk menangani bank sampah. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2