Seleksi Prestasi Wakil Provinsi

0
390
BAHAS TEKNIS: Peserta mendengarkan paparan panitia sebelum lomba dimulai.

BANYUWANGI– Kualitas pendidikan diukur dari kualitas anak didik dan sistem pembelajaran yang berkualitas. Untuk memperoleh semua itu, penyelenggara pendidikan, dalam hal ini guru maupun kepala sekolah, juga harus berkualitas. Nah, untuk mencapai semua itu, Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi menyelenggarakan seleksi Guru Berprestasi, Kepala Sekolah Berprestasi, dan Pengawas Berprestasi.

Dari tahapan yang sudah dilalui di tingkat kecamatan sebagai tingkat paling dasar, masing-masing perwakilan sudah disaring lebih dahulu. Misalkan tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), perwakilan telah disaring melalui Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) dan pengawas di masing-masing kecamatan.Sehingga terpilih 114 orang di tingkat kabupaten.

Pada Sabtu (28/4), mereka mengikuti seleksi tes tulis dan repro makalah di Aula Dispendik Banyuwangi. Kemarin (30/4) adalah tahap terakhir untuk seleksi calon guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi. Tempat seleksi di Gedung RSBI SMAN 1 Giri (Smagrisa). Perwakilan masing-masing kecamatan mengikuti tes wawancara Bahasa Inggris, presentasi makalah, dan wawancara pendidikan.

Loading...

Drs. Suhud AR, SH menerangkan, tes yang dilaksanakan itu sesuai standarisasi dari pusat. Diharapkan, guru, kepala sekolah, dan pengawas bisa berbahasa Inggris dengan mahir. Selain itu, menguasai materi yang akan dipresentasikan. “Untuk wawancara pendidikan, peserta akan lebih difokuskan ke kemampuan kompetensi,” imbuh Suhud.

Kali ini, peserta Guru Berprestasi tingkat TK sebanyak 13 orang. Sedangkan tingkat SD ada 22 orang. Guru SMP sebanyak 19 orang. Kalangan guru SMA, termasuk SMK sebanyak 19 orang. Sementara itu, jumlah peserta Kepala Sekolah Berprestasi dari 24 kecamatan, untuk tingkat TK ada sembilan orang.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Kemenkumham Puji Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Banyuwangi