Solusi Hidup Sehat dari Mahasiswi Kebidanan

0
454
KETUA STIKES: H. Soekardjo.

PKMD D3 Kebidanan Non Reguler Stikes Ditutup Jalan Sehat SRONO–Praktik Kerja Masyarakat Desa (PKMD) di Desa Wonosobo, KecamatanSrono, yang dilakoni para mahasiswi D3 Kebidanan non reguler, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi berakhir, Sabtu (31/3). Berakhirnya PKMD sebagai salah satu syarat untuk keprofesian kebidanan itu ditandai dengan jalan
sehat bersama.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam acara jalan sehat itu, Kepala Desa Wonosobo Agus Tarmidi, Kepala Program Studi D3 Kebidanan Stikes Indah Christiana, SST, dan Kepala Dinas Kesehatan Hariadji Soegito hadir. Pelajar tingkat SD hingga SMP juga tumplek blek memenuhi Balai Desa Wonosobo untuk ikut jalan sehat itu.
Ketua Stikes Banyuwangi H. Soekardjo, MKep mengatakan, PKMD yang dilakukan para mahasiswi D3 Kebidanan non reguler Stikes telah dilalui selama sebulan.

Tujuannya untuk mengaplikasikan ilmu teori yang didapat selama kuliah tentang praktik kebidanan komunitas. Sekaligus sebagai wujud melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian masyarakat, sekaligus membantu program pemerintah dalam bidang kesehatan. Khususnya kesehatan komunitas Kebidanan masyarakat desa.

“Saya mohon maaf tidak bisa hadir dalam acara penutupan PKMD, sebab di waktu bersamaan, ada pertemuan antar perguruan tinggi di Malang,” kata mantan Ketua PPNI Banyuwangi itu, kemarin. Sementara itu, Kepala Program Studi D3 Kebidanan Indah Christiana, SST menjelaskan, selama melaksanakan PKMD, mahasiswi menemukan beberapa masalah di lingkungan Desa Wonosobo.

Di antaranya, merokok dalam ruangan, saluran pembuangan, kandang kurang sehat, dan cakupan air susu ibu eksklusif kurang. Dari temuan itu, para mahasiswi telah melakukan pemecahan masalah. Seperti melakukan kegiatan penyuluhan di kelompok-kelompok pengajian, arisan, dan solusi lainnya.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last