Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Terbanyak Kirim Transmigran

BANYUWANGI – Gubernur Jawa Timur Soekarwo memberikan penghargaan kepada Pemkab Banyuwangi. Kota paling timur Pulau Jawa ini ditetapkan sebagai kabupaten terbanyak dalam mengirim transmigran ke luar Jawa. Penghargaan itu diserahkan Gubernur Soekarwo kepada Plt Sekkab Slamet Kariyono dalam pencanangan Program Jatim Kompeten 2012 di JX International Surabaya Selasa lalu (20/3).

Banyuwangi ditetapkan sebagai kabupaten terbaik bidang pembangunan transmigrasi karena beberapa pertimbangan. Salah satunya, karena pada tahun 2011 lalu Banyuwangi paling banyak mengirimkan warga transmigrasi. Pada tahun 2011, warga Banyuwangi yang mengikuti program transmigrasi adalah 103 kepala keluarga (KK) dengan jumlah jiwa 424 jiwa.

Menurut Slamet, kabupaten kota lain di Jatim tidak ada yang berhasil mengirimkan transmigran sebanyak itu. Angkanya di bawah 100 orang, bahkan ada kabupaten yang hanya mengirim kurang dari 50 orang dalam setahun. Keberhasilan Banyuwangi mengirimkan warga transmigrasi karena didukung sikap warga yang tidak pilih-pilih daerah tujuan.

Warga Banyuwangi kebanyakan siap dikirim ke daerah tujuan transmigrasi di mana pun asal alamat dan pekerjaannya jelas. Dari sekian orang yang mengikuti program transmigrasi, tidak ada satu pun yang kembali. Mereka melaksanakan kegiatan di daerah baru yang mereka kunjungi itu.

Pada tahun 2012, warga calon transmigran yang siap dikirim jumlahnya lebih banyak. Ada sekitar 467 KK yang sudah tercatat di Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi, dan siap diberangkatkan tahun ini. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE