Tiga Kadis Kompak Atasi HIV/AIDS

Teken SKB Forum Duta


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI–Terus meningkatnya angka penderita HIV/AIDS di Bumi Blambangan, disikapi serius oleh tiga kepala dinas (Kadis) di jajaran Pemkab Banyuwangi. Mereka melakukan penandatanganan surat keputusan bersama (SKB), untuk membentuk forum komunikasi duta HIV/AIDS. Penandatanganan itu dilakukan Kadis Kesehatan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora), dan Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik).

Acara itu dihelat di sela-sela pertemuan tim relawan sekolah dan duta HIV/AIDS di aula Dinkes, Jumat (25/5). Kadinkes Hariadji Sugito mengatakan, kesepakatan itu melibatkan tim relawan sekolah dan duta HIV/AIDS yang berasal dari sepuluh SMP dan sepuluh SMA. “Tujuannya sebagai wadah koordinasi kegiatan pencegahan dan pemberantasan HIV/AIDS di Banyuwangi,” ujarnya.

Menurut Hariadji, pemberantasan dan pencegahan penyebaran virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia, itu harus melibatkan berbagai kalangan. Dinkes yang memiliki obat dan tenaga, seperti perawat, dan paramedis, tidak akan bisa berbuat banyak, jika tidak didukung lembaga yang punya lembaga (duta HIV dan tim relawan sekolah), yakni Dispora. “Sedangkan pihak yang meng- gerakkan adalah Dispendik,” paparnya.

Tindak lanjut kegiatan itu adalah jambore duta HIV/AIDS se-Banyuwangi dan pendi- dikan teman sebaya saat pelaksanaan masa orientasi siswa (MOS). “Tim relawan yang terjun ke sekolah itu diharapkan mampu menularkan pengetahuan tentang HIV/AIDS kepada teman sebayanya,” imbuh Hariadji. Pengetahuan HIV/AIDS diusahakan masuk sebagai muatan lokal pendidikan di sekolah. “Agar kalangan siswa mengerti bahaya HIV/ AIDS, cara penularan, dan pencegahannya. “Sehingga penyebaran HIV/AIDS dapat ditekan,” tandasnya. (radar)