Tiga Sekolah RSBI Ujian Akhir Serentak

0
550
SERIUS: Siswa kelas IX RSBI Bustanul Makmur Genteng mengerjakan soal ujian akhir RSBI di sekolahnya.

GENTENG-Tiga sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf International (RSBI) di Kabupaten Banyuwangi menggelar ujian akhir bagi siswa kelas IX. Ketiga sekolah itu adalah SMPN 1 Genteng, SMP Bustanul Makmur Genteng, dan SMPN 1 Banyuwangi. Ujian serentak itu digelar pada Rabu, 9 Mei 2012 hingga Jumat, 11 Mei 2012.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pelaksanaan ujian akhir itu dilaku- kan serentak oleh semua sekolah SMP RSBI di seluruh Indonesia. Baik sekolah negeri maupun swasta mandiri, yang telah ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Republik Indonesia.

Ujian akhir RSBI merupakan upaya pengendalian mutu pendidikan di lingkungan sekolah RSBI sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Ada tiga mata pelajaran yang diujikan, yakni Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Inggris.

Kepala SMPN 1 Genteng sekaligus Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menegah Pertama (SMP) Kabupaten Banyuwangi Sahroni mengatakan, salah satu tuntutan RSBI adalah pengembangan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL).

Karena disadari bahwa ketika dalam pergaulan global, selain kompetensi akademik, apalagi yang disampaikan kalau bukan keunggulan lokal. Ujian akhir itu dilaksanakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi standar isi SNP ditambah KD dan indikator, yang merupakan pendalaman dan pengembangan SNP.

Mata pelajaran yang diujikan meliputi Matematika 50 soal, IPA 50 soal, dan Bahasa Inggris 50 soal. Semuanya dalam bentuk multiple choice (pilihan ganda). “Penjagaan sistem setengah silang dan khusus mata pela- jaran Matematika dan IPA 100 persen soal berbahasa Inggris,” tutur Sahroni.

Sahroni menjelaskan, walaupun soal menggunakan bahasa Inggris, bukan berarti mengesampingkan bahasa Indonesia. Apalagi mengikis nasionalisme, seperti kekhawatiran beberapa pihak selama ini. Soal yang dikemas dalam bahasa Inggris semata untuk me- nyiapkan siswa agar mampu berkompetisi secara global.

Sebagaimana Panduan Pelaksanaan RSBI, beber dia, nilai-nilai kebangsaan menjadi dasar penyelenggaraan RSBI. “Sistem pengawasan ujian akhir RSBI menggunakan silang dengan tiga RSBI yang ada di Kabupaten Banyuwangi, yaitu SMP Negeri 1 Genteng, SMP Negeri 1 Banyuwangi, dan SMP Bustanul Makmur Genteng,” terang Sahroni. (radar)