Tuntas Kirim Soal Unas

0
173

tuntasBANYUWANGI – Ujian nasional (unas) untuk siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), dan peserta Kejar Paket C, akan dimulai pagi. Semua naskah untuk ujian itu sudah didistribusikan kemarin (14/4). Naskah unas yang disimpan di Mapolres Banyuwangi sejak Kamis malam lalu (11/4), akhirnya didistribusikan ke panitia sub rayon kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selama di sub rayon ini, semua naskah unas akan disimpan di polsek masing-masing. “Semua naskah untuk unas sudah tersimpan di polsek-polsek yang ada di sub rayon,” cetus Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi melalui Plt Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Suratno. Sebelum naskah didistribusikan, dilakukan penyerahan naskah dari Kapolres Banyuwangi AKBP Nanang Masbudi yang diwakili Kabag Ops Kompol Sujarwo kepada Kadispendik Banyuwangi Sulihtiyono.

“Setelah penyerahan naskah dari polres ke Dispendik, semua naskah didistribusikan,” katanya. Menurut Suratno, sebelum naskah diserahkan kepada para panitia sub rayon, naskah yang telah tersimpan di polres itu dikemas berdasarkan sekolah dan jadwal ujian Baru setelah itu, semua naskah didistribusikan pada sub rayon. “Naskah unas sudah siap untuk diujikan,” cetusnya. Suratno menyebut, dalam pendistribusian naskah unas ini diambil oleh para ketua sub rayon dengan didampingi unsur Perguruan Tinggi (PT), dan anggota dari polsek setempat.

Loading...

Selama berada di sub rayon, semua naskah akan disimpan di polsek. “Alhamdulillah, pendistribusian berjalan lancar,” tuturnya. Naskah yang sudah disimpan di polsek ini, akan diserahkan ke sekolah pada saat hari H ujian. Untuk unas pada hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, naskah akan diambil oleh panitia ujian sekitar pukul 06.00. “Yang mengambil soal bukan hanya panitia saja, tapi juga ada dari perguruan tinggi dan dikawal oleh petugas kepolisian,” sebutnya.

Ditanya kemungkinan ada soal yang salah dalam pendistribusian, Suratno tidak menampik. Karena sampai saat ini, belum ada yang membuka naskah yang masih tersimpan dalam amplop besar itu. “Kita sudah menyiapkan antisipasi-antisipasi bila ada kekeliruan dalam penyaluran naskah,” katanya. Sementara itu, Kabag Ops Polres, Kompol Sujarwo menyatakan, meski semua naskah sudah didistribusikan pada sub rayon, aparat kepolisian masih akan melakukan pengamanan.

“Naskahnya disimpan di polsek-polsek, ini berarti menjadi tanggung jawab polisi dalam menjaga kerahasiaan,” cetusnya. Kompol Sujarwo menyebut, polisi sudah siap untuk melakukan pengamanan terhadap naskah unas dan pelaksanaan kegiatan ujiannya. Untuk pengawasan dan pengamanan unas di sekolah-sekolah, polres akan melibatkan polsek yang ada. “Pengamanan sudah siap,” ujarnya. (radar)

Loading...