UNAS SD 20 Siswa Absen di Hari Pertama

0
192

unassdBANYUWANGI – Ujian sekolah/ madrasah (US/M) di Banyuwangi diselenggarakan secara serentak sejak kemarin (19/5). Sayang, dari 26.894 pelajar tingkat SD dan madrasah ibtidaiah (MI) yang ter daftar mengikuti US/M, 20 siswa berhalangan hadir di hari pertama kemarin.Diperoleh keterangan, sebanyak 20 pelajar SD di Banyuwangi tidak dapat mengikuti US/M hari pertama lantaran tengah menjadi wakil Banyuwangi dalam Pekan Seni Pelajar 2014.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pekan Seni Pelajar tersebut digeber di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi, Hamami mengatakan, 20 siswa yang tengah mengikuti Pekan Seni Pelajar tersebut akan mengikuti US/M susulan. “Sebanyak 20 siswa akan mengikuti ujian susulan karena saat ini tengah mengikuti Pekan Seni Pelajar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta,” ujarnya.  

Berbeda dengan ujian nasional (unas) jenjang SMP dan SMA/ sederajat, dalam US/M hanya ada satu tipe soal ujian. Artinya, soal yang dikerjakan siswa di setiap ru ang ujian seragam. Meski begitu, pengawasan US/M sama dengan pengawasan unas SMP dan SMA/sederajat. Pada ujian akhir tingkat SD dan MI tersebut, setiap ruang ujian diawasi dua pengawas ruangan.

Pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi di lapangan, pelaksanaan US/M tahun ini berjalan kondusif. Para siswa mengerjakan soal ujian mulai pukul 08.00 hingga pukul 10.00. “Alhamdulillah ujian tingkat SD/ sederajat berjalan kondusif,” kata Hamami. Sementara itu, selain 20 siswa yang berhalangan hadir di hari pertama US/M karena tengah mengikuti Pekan Seni Pelajar di Jakarta, ada satu siswa SDN 4 Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, yang terpaksa tidak hadir ke sekolah karena tengah sakit. 

“Dari 144 peserta ujian disekolah kami, hari ini (kemarin) ada satu siswa yang berhalangan karena tengah sakit tifus,” kata Kepala SDN 4 Penganjuran, Lusiana Sri Hariyani. Senada dengan Hamami, Kasek Lusiana mengatakan secara umum US/M kali ini berjalan lancar dan kondusif. “Seperti yang Anda saksikan, siswa mengerjakan soal dengan tenang,” pungkasnya. (radar)

Loading...