Unas SD tanpa Komplain

0
303

unasBANYUWANGI – Hari pertama ujian nasional tingkat SD/MI berlangsung kemarin (6/5). Puluhan ribu siswa kelas VI di tingkat pendidikan dasar itu harus “berperang” menghadapi soalsoal ujian yang sangat menentukan kelulusan. Beruntung, para siswa yang notabene masih anak-anak itu tak harus menghadapi berbagai persoalan seperti yang terjadi saat unas tingkat SMA/sederajat be berapa pekan lalu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pantauan wartawan koran ini di sejumlah sekolah di kawasan kota Banyuwangi dan sekitarnya menyebutkan, penundaan waktu pengerjaan akibat kekurangan soal seperti yang terjadi saat unas tingkat SMA/SMK/dan MA tidak lagi terjadi. Para siswa sudah mengerjakan soal ujian mulai pukul 08.00 kemarin. Semua peserta ujian memiliki waktu dua jam untuk mengerjakan soal bahasa Indonesia tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) TK/SD Di nas  Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi, Hamami mengatakan, jumlah siswa yang terdaftar mengikuti unas SD/ MI, baik negeri maupun swasta, se- Banyuwangi mencapai 27.729 siswa. Rinciannya, 22.786 siswa SD dan 4.943 siswa MI. “Laporan yang di sampaikan secara online kepada kami, ada tujuh siswa yang absen pada hari pertama unas (kemarin),” ujar nya. Dikatakan, para siswa yang berhala ngan hadir di hari pertama unas itu berasal dari Kecamatan Kalibaru, Sempu, dan Songgon Alasannya beragam.

Ada yang sakit, ada pula yang absen tanpa alasan. “Karena itu, akan kami cek. Apakah yang bersangkutan tidak ikut unas karena mengikuti orang tuanya ke luar daerah ataukah karena ada alasan lain,” kata dia. Menurut Hamami, siswa yang kemarin berhalangan hadir punya kesempatan mengikuti unas susulan yang berlangsung Senin pekan depan (13/4). Masih kata Hamami, tidak ada kendala berarti pada unas SD/MI kali ini. Keterlambatan pengiriman soal juga tidak ter jadi.

Sebab, soal, lembar jawaban komputer (LJK), berita acara, dan daftar hadir peserta, sudah dikirim ke masing-masing polsek Sabtu lalu (4/5). Soal sudah didistribusikan ke ma sing-masing sekolah pada pukul 05.30 kemarin. “Unas (SD/MI) berjalan lancar. Tidak ada komplain dari sekolah penyelenggara di seluruh Banyuwangi,” paparnya. Sementara itu, hari ini (7/5) mata pelajaran yang akan diujikan adalah matematika. Be sok (8/5) para peserta unas harus mengerjakan soal mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). “Mudah-mudahan tidak ada permasalahan berarti sampai unas ini berakhir,” pungkas Hamami. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :