Unibraw Buka Jalur Mandiri

0
193
Suratno, SPd, MM

Seleksi Program Kemitraan Daerah di Banyuwangi


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi terus berusaha keras untuk meminimalisasi angka putus sekolah. Termasuk sekolah lanjutan hingga perguruan tinggi. Pemkab melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) bekerja sama dengan Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang melalui seleksi program kemitraan daerah (SPKD).

Program SPKD yang dimaksud adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru di Unibraw melalui ujian tulis bagi putra-putri daerah Banyuwangi. Pelaksanaannya sesuai kesepakatan antara Unibraw dengan Pemkab Banyuwangi.

Menurut Suratno, SPd, MM, Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dispendik, syarat calon maha-siswa baru jalur SPKD adalah asli putra-putri Banyuwangi. Selain itu, tidak memiliki cacat tubuh yang dapat mengganggu kelancaran program studi.

“Sudah tentu juga harus lulus ujian tulis,” sebutnya. Semua lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah (MA) baik negeri atau swasta yang tahun lulusannya 2010 hingga 2012, lanjut dia, berkesempatan mengikuti SPKD.

Suratno menambahkan, kelompok ujian SPKD terdiri dari kelompok ujian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan kelompok ujian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Setiap peserta calon mahasiswa dapat mengikuti kelompok IPA atau IPS dan tidak tergantung jurusan di SLTA.

Bahkan dapat memilih dua program studi pada kelompok ujian yang sama. Biaya pendaftaran hanya Rp. 300 ribu. Waktu pendaftaran calon mahasiswa Unibraw jalur SPKD dilaksanakan sampai 9 Juli 2012 mendatang. Pelaksanaan ujian pada 11 Juli 2012 di daerah masing-masing, dengan pengawasan langsung dari Unibraw.

Syarat lain bagi calon mahasiswa baru adalah mengisi formulir pendaftaran yang dise-diakan Dispendik Banyuwangi. Termasuk menyiapkan pas foto ukuran 3×4 cm sebanyak empat lembar disertai satu lembar fotokopi ijazah atau NUN SLTA yang sudah dilegalisasi.

Hasil ujian akan diumum-kan pada 16 Juli 2012 melalui website http://selma.ub.ac. iddan papan pengumuman di kantor Dispendik Banyuwangi. Untuk informasi lebih jelas dan lengkap bisa menghubungi Su-ratno, Kabid Dikmen Dispendik Banyuwangi dengan nomor telepon seluler 08113529846 dan alamat email [email protected] yahoo.co.id. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :