Warga Banyuwangi Tembus 2,1 Juta

0
531
Sudjani Kepala Dispendukcapil Banyuwangi.
Sudjani Kepala Dispendukcapil Banyuwangi.

pertumbuhan ekonomi dalam satu tahun terakhir memicu naiknya pertumbuhan penduduk. Saat ini, jumlah penduduk Banyuwangi naik menjadi 2,1 juta jiwa. Pada bulan September 2011 lalu, jumlah penduduk Banyuwangi masih tercatat sekitar 1,9 juta jiwa.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Jadi, dalam rentang waktu satu tahun, ada penambahan penduduk sekitar 100 ribu jiwa. “Data sistem administrasi kependudukan (SIAK) yang ada pada kami, jumlah penduduk Banyuwangi tercatat 2.106.312 jiwa,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sudjani melalui Kabid Administrasi Kependudukan.

Heru Eko Wahyudi. Bertambahnya jumlah penduduk bukan semata-mata karena kelahiran. Perpindahan penduduk dari daerah lain juga menjadi pemicu bertambahnya jumlah penduduk Kota Gandrung. Hampir setiap hari, ungkap Heru, Dispendukcapil memproses surat pindah datang dan pergi warga Banyuwangi.

Beberapa bulan ini Dispenduduk memperketat surat pindah datang. Dispendukcapil baru mengeluarkan surat pindah datang apabila yang bersangkutan sudah lolos wawancara. Sebelumnya, penerbitan keterangan surat pindah datang tidak perlu proses wawancara. “Dulu yang mengurus hanya aparat desa. Sekarang orangnya harus datang sendiri dan tidak boleh diwakilkan,” ungkap Heru.

Loading...

Yang ironis, 2,1 juta penduduk Banyuwangi itu belum memiliki administrasi kependudukan semua. Dari 2,1 juta itu, wajib kartu keluarga (WKK) sekitar 601.957 orang. “Dari jumlah itu, yang sudah memiliki kartu keluarga (KK) baru sekitar 472.365 orang,” beber Heru. Jumlah wajib KTP mencapai 1.526.075 orang. Yang sudah memiliki KTP baru sekitar 1.072.780 orang.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2