ASDP: Puncak Libur Natal dan Tahun Baru Pada Hari Minggu

0
118
Loading...
Kondisi Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Senin (18/12)

BANYUWANGI – PT ASDP memprediksikan, titik puncak arus penumpang kapal di masa liburan Natal dan Tahun Baru terjadi pada hari minggu. Dalam artian, untuk puncak liburan Natal 2107 di prediksi pada Minggu (24/12). Sedangkan puncak liburan Tahun Baru 2018 terjadi pada Minggu (31/12).

Hal ini di sampaikan oleh Direktur Keuangan PT ASDP pusat, Djunia Satriawan, saat memantau Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Minggu (24/12).

“Pergerakan penumpang kapal di lintas Penyeberangan Ketapang – Gilimanuk terus mengalir dalam setiap harinya, sehingga tidak sampai terjadi penumpukan ataupun antrian panjang kendaraan bermotor baik di area Pelabuhan Ketapang Banyuwangi maupun di Pelabuhan Gilimanuk Bali,” papar Djunia.

Ini juga di akibatkan karena pihak ASDP telah menyiapkan Buffer Zone yang merupakan loket pembelian tiket kapal di luar area Pelabuhan. Sehingga di saat masuk ke dalam pelabuhan, masyarakat tinggal menukarkan bukti pembayaran dengan tiket lalu masuk ke kapal. Demikian halnya, untuk pembelian tiket secara on line seperti yang di terapkan pihak ASDP.

“Berbagai kemudahan transaksi ini juga sebagai salah satu penyebab tidak terjadinya antrian panjang kendaraan bermotor di area pelabuhan,” ungkap Djunia.

Selain itu, ASDP mengoperasikan 32 unit armada kapal untuk melayani jasa penyeberangan pada liburan Natal dan Tahun Baru. Sedangkan armada kapal yang disiapkan sebanyak 48 unit, dengan kapasitas cukup besar untuk menampung kendaraan bermotor berbagai jenis maupun penumpang pejalan kaki.

“Jika kondisi di pelabuhan terpantau sangat padat, maka ke 48 armada kapal tersebut di operasikan seluruhnya guna mengurai antrian panjang,” tuturnya.

Namun menurut Djunia, hingga saat ini kondisi arus penyeberangan baik di lintas Jawa-Bali masih terpantau normal karena setiap kendaraan bermotor yang masuk ke dalam area pelabuhan tidak sampai menunggu cukup lama untuk bisa di seberangkan. Pasalnya, ASDP juga meningkatkan trip atau waktu perjalanan setiap armada kapal.

“Dari 9 trip menjadi 10 trip untuk per kapal per harinya,” kata Djunia.

Hal ini di anggapnya sebagai salah satu strategi pihak ASDP, di dalam mengantisipasi terjadinya antrian panjang kendaraan bermotor di masa liburan natal dan tahun baru.

Sarana prasarana yang di siapkan oleh ASDP tidak hanya cukup disini saja. “Kami juga memperluas lahan parkir di area Pelabuhan Ketapang Banyuwangi untuk menambah kapasitas daya tamping kendaraan bermotor hingga mencapai 250 an unit,” pungkas Djunia.

Sementara itu, dari data pihak ASDP, hingga memasuki H-1 perayaan natal atau Minggu (24/12), penumpang kapal dari arah pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk bali tercatat mencapai 38.163 orang naik 24 persen di bandin tahun lalu. Kendaraan roda 2 sebanyak 2.116 unit naik 19 persen dan Kendaraan roda 4 mencapai 5.361 unit naik 8 persen.

Sedangkan dari arah Pelabuhan Gilimanuk Bali ke Pelabuhan Ketapang, pejalan kaki tercatat ada 29.103 orang yang sudah menyeberang, naik 4 persen. Kendaraan roda 2 sebanyak 3.005 unit naik 44 persen dan Kendaraan roda 4 mencapai 4.243 unit turun 5 persen di banding tahun lalu.

Loading...