Banyak Lubang, Jalan di Pedesaan Kerap Picu Kecelakaan

0
1375

TEGALSARI – Jalan rusak dengan berlubang banyak ditemui di jalan pedesaan yang arus lalu lintasnya cukup ramai. Tak jarang banyak pengendara sepeda motor terjatuh akibat jalan rusak tersebut, terutama saat malam hari.

Seperti jalan jurusan Desa Jajag, Kecamatan Gambiran menuju ke Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, dengan melewati Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo.

Kondisi jalan di jalur itu selama ini banyak dikeluhkan warga karena banyak yang berlubang cukup dalam. Selain kecelakaan, ban motor sering bocor.

Loading...

“Saya hampir jatuh, ban depan pernah bocor saat melintas di jalan yang berlubang,” terang Ropingi, 32, warga Desa Karangmulyo, Kecamatan Tegalsari.

Warga yang akan berkunjung ke Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, jelas dia, selama ini banyak yang mengeluhkan jalan yang rusak itu. “Warga yang tidak terbiasa lewat bisa bahaya,” cetusnya.

Titik yang paling parah itu seperti di jalan simpang tiga arah Kantor Desa Karangmulyo. Meski lubang bisa dihindari, tapi kalau hujan lubang jalan tidak terlihat karena tertutup air. “Oleh warga ditutup pecahan batu bata,” katanya.

Ropingi mengatakan, jalan yang rusak lain itu seperti di dekat pintu air KBH 6 Kebondalem. Di titik ini kondisinya cukup parah karena hampir semua badan jalan berlubang dan ambles. “Harus berhati-hati kalau melintas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Kecamatan Genteng, Suyatno, mengungkapkan saat ini perbaikan jalan masih terus dilakukan, terutama berkaitan penambalan jalan yang berlubang. “Semua kita lakukan secara bertahap dan bergantian,” katanya.

Loading...