KMP Pancar Indah Mogok di Selat Bali

0
184
KMP Pancar Indah masih diperiksa marine inspection di dennaga LCM Ketapang, Kecamatan Kalipuro, kemarin siang (18-8).

KALIPURO – Kapal Motor Penumpang (KMP) Pancar Indah mengalami trouble mesin saat berlayar menuju pelabuhan Ketapang, Kamis sore kemarin (17/8). Diduga kapal mengalami gangguan pada saluran mesin pendingin. Akibatnya kapal sarat muatan tersebut mogok di tengah laut.

Kapal sempat terbawa arus hingga ke arah utara sejauh 1 kilometer dari jalur haluan awal. Nakhkoda KMP Pancar Indah langsung menghubungi kapal lain yang akan berlayar via radio. Kemudian KMP Trimajaya yang berlabuh dari dermaga Gilimanuk diarahkan untuk mendekati kapal yang mengalami trouble mesin tersebut.

Loading...

“Setelah mendapat berita dari Gilimanuk, kami pandu KMP Trimajaya via radio agar segera mendekati KMP Pancar Indah,” ujar Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Ketapang.

Untuk mempercepat evakuasi, terpaksa KMP Pancar Indah ditarik dengan KMP Trimajaya menuju pelabuhan Ketapang. KMP Trimajaya dan KMP Pancar Indah merupakan kapal milik PT. Pelayaran Makmur Bersama (PMB). Tidak ada kendala dalam evakuasi KMP Pancar Indah kecepatan angin dan tingi ombak normal.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Semua muatan aman dan bisa diseberangkan ke pelabuhan Ketapang,” ucap lspriyanto. Ispriyanto mengimbau sebaiknya operator tidak memaksakan kapalnya untuk beroperasi jika kapal sudah saatnya doking sebaiknya dilakukan perbaikan terlebih dahulu dan meminta jadwal off sehingga tidak terjadi insiden yang tidak diinginkan.

“Kapal berlabuh dari Gilimanuk dan saat ini sudah saya perintahkan tim marine inspection untuk mengecek penyebab trouble pada mesin KMP Pancar Indah,” jelas lspriyanto. KMP Pancar Indah hingga kemarin (18/7) masih parkir di dermaga Landing Craft Machine (LCM).

Penyebab insiden mogoknya mesin masih ditindaklanjuti oleh petugas UPP Kelas III Ketapang. “Untuk saat ini KMP Pancar Indah masih belum diberi izin untuk berlayar. Penyebab trouble mesin dan lainnya masih kami periksa,” tandas petugas UPP Kelas III Ketapang, Widodo. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :