28 Ribu Warga Banyuwangi Masih Nganggur

0
200

BANYUWANGI – Angka jumlah pengangguran terbuka di Banyuwangi dalam tiga tahun terus menyusut. Pada 2011 tingkat pengangguran terbuka mencapai 30.376 orang, 2011 sebanyak 29.631 orang, dan pada tahun 2013 tersisa 28.890 orang. Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, terus menyusutnya angka pengangguran berkat kerja semua pihak. Salah satunya, pameran bursa kerja yang digelar pemerintah daerah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Menurut dia, pameran dan bursa kerja sangat penting untuk mendekatkan antara job users (pencari tenaga kerja, Red) dan job seekers (pencari kerja). Saat ini banyak perusahaan-perusahaan besar yang masuk ke Banyuwangi, dan memprioritaskan warga Banyuwangi untuk menjadi pekerjanya. “Ini kesempatan yang tak boleh disia-siakan,” tegas Anas.  

Keberadaan bursa kerja juga dirasa bupati sangat potensial meneken angka pengangguran. Dari pelaksanaan job fair tahun 2013 lalu, dari 5.000 lowongan kerja yang ditawarkan, sudah ada 1.030 orang yang mendapatkan pekerjaan. “Harapan saya tahun ini, dari 6.000 lowongan pekerjaan yang disediakan, bisa terserap 1500 tenaga kerja baru,” kata Anas.

Selain itu, lanjut Anas, bursa kerja ini sebagai upaya pemkab untuk mengatasi masalah pengangguran yang ada di Banyuwangi. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa angka pengangguran terbuka di Banyuwangi dari tahun ke tahun menunjukkan penurunan. «Tingkat pengangguran terbuka dari tahun ke tahun terus menurun. Penduduk usia 15 tahun ke atas yang bekerja dari tahun ke tahun juga meningkat,» kata Anas. (radar)

Loading...