50 Taksi Baru Segera Beroperasi

0
694

50BANYUWANGI – Taksi Bosowa tampaknya cukup serius ingin beroperasi di Kabupaten Banyuwangi. Tidak tanggungtanggung, untuk melayani masyarakat Kota Gandrung, manajemen Bosowa Taxi telah menyiapkan 50 unit mobil sedan yang semua masih kinyiskinyis. Satu dari 50 unit yang akan beroperasi itu dipamerkan ke pada Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas di kantor Pemkab Banyuwangi pagi kemarin (14/5). “Taksi itu diharapkan bisa melayani trans portasi masyarakat,” ujar Bupati Anas.

Bupati Anas terlihat semringah saat melihat kondisi taksi yang masih gres tersebut Sesekali, dia mengumbar senyum kepada Head Opera tion PT Bosowa Taxi Surabaya, M. Sulaiman, yang ada di sampingnya. “Kami mengapresiasi Bosowa Taxi yang mau beroperasi di Banyuwangi,” katanya. Menurut bupati, potensi pasar penumpang taksi di Kabupaten Banyuwangi sangat besar. Bahkan, dengan pertumbuhan ekonomi Banyuwangi yang semakin melejit, tentu pasarnya akan semakin besar.

“Driver harus professional dan dilatih untuk mengenal potensi wisata di Banyuwangi,” pintanya. Di hadapan manajemen PT Bosowa Taxi, Bupati Anas juga berharap taksi yang masih baru itu mendukung program pariwisata dan bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Banyuwangi. “Driver harus tahu tempat-tempat pariwisata di Banyuwangi, termasuk jarak-jaraknya,” katanya.

Sementara Head Operation PT Bosowa Taxi Surabaya, M. Sulaiman mengatakan, Bosowa Taxi pada dasarnya bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi Banyuwangi yang akhir-akhir ini melejit. Membaiknya perekonomian, jelas dia, merupakan peluang bagi Bosowa Grup untuk mengembang kan usaha. “Bosowa Taksi menjadi satu modal untuk mengaksestitik-titik pariwisata sekaligus mendukung perekonomian di Banyuwangi,” ungkapnya.

Sulaiman menyebut, Bosowa Taxi berencana menyiapkan 200 armada di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Hanya saja, sementara yang akan dioperasikan hanya 50 armada. Rencananya launching akan di lakukan sekitar Agustus 2013 hingga September 2013 mendatang. “Sementara kita opera sikan 50 unit dulu,” cetusnya. Menurut Sulaiman, pihaknya masih menunggu izin operasi yang sudah diajukan. Sambil me nunggu izin itu, pihaknya menyiapkan unit dan karyawan.“Karyawan Bosowa Taxi adalah masyarakat lokal Banyuwangi,” tegasnya.

Mengenai izin  perasi Bosowa Taxi, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Banyuwangi, Nur Agus Suharto mengatakan, izin operasi taksi Bosowa sudah diajukan April 2013 lalu. Izin itu diperkirakan rampung akhir Mei 2013 ini. “Izin sedang diproses,” jelasnya. Berdasar evaluasi dan analisis dengan melihat populasi penduduk di Kabupaten Banyuwangi yang cukup besar, Agus menyebut kebutuhan terhadap angkutan, seperti taksi, sangat tinggi. “Bosowa Taxi diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Banyuwangi,” harapnya. (radar)