Berita Terkini Seputar Banyuwangi

6 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Secara Natural Alami

Cara menghilangkan komedo – Komedo sering dikeluhkan tidak hanya oleh wanita namun sebagian pria pun mengalami masalah ini. Komedo dapat timbul di wajah akibat kelenjar minyak di pori-pori kulit yang terlalu berlebihan. Jika tidak dihilangkan, komedo sering menyebabkan penampilan kurang maksimal terutama bagi kamu yang sering menggunakan make-up. Komedo yang terlalu banyak akan membuat pori-pori wajah menjadi terlihat lebih besar dan permukaan kulit menjadi kasar.

Parahnya lagi karena tidak sabaran, ada sebagian orang yang menggunakan cara instan dengan memencet komedo tersebut menggunakan jari dengan tujuan komedo tersebut bisa keluar. Namun sebenarnya tindakan ini membuat pori-pori menjadi terbuka yang malah akan membuat wajah kamu mudah terkena masalah kulit lain yaitu jerawat. Oleh sebab itu hindari memencet komedo tanpa bantuan tenaga ahli karena akan memperburuk keadaan.

Nah, bagi kamu yang punya masalah dengan komedo simak beberapa cara menghilangkan komedo berikut ini:

1. Facial

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan komedo adalah dengan facial. Facial bisa dilakukan pada klinik atau salon kecantikan. Namun dalam melakukan facial kamu harus harus bisa menahan rasa sakit terutama ketika komedo tersebut di pencet menggunakan pinset.

Selain itu, pilihlah skin care yang sesuai dengan kondisi kulitmu ketika melakukan facial sehingga tidak akan memicu pengaruh buruk atau efek samping terhadap kulit setelah melakukan facial.

2. Uap Panas

Untuk menghilangkan komedo pada wajah, kamu juga bisa menggunakan uap panas. Uap panas digunakan untuk membuat pori-pori wajah terbuka sehingga komedo akan semakin mudah dibersihkan.

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan uap panas ini sangat mudah sekali, ikuti langkah demi langkah berikut ini:

1. Didihkan air panas, setelah itu masukkan ke baskom atau panci.

2. Dekatkan wajah kamu ke baskom yang berisi uap panas tersebut selama 1-3 menit.

3. Setelah wajah dipenuhi dengan keringat, usap wajah terutama bagian yang ada komedonya dengan waslap atau handuk lembut.

4. Ulangi kembali hal ini sebanyak 2 – 3 kali.

5. Agar pori-pori wajah menutup kembali, bilas dengan menggunakan air dingin biasa. Lakukan hal ini teratur 2 – 3 kali dalam seminggu.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki rasa yang asam, namun berkat rasa asam pada buah ini pula dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit dan rambut.Rasa asam yang dihasilkan pada jeruk nipis timbul karena adanya kandungan vitamin C dosis tinggi yang sangat bagus untuk kesehatan kulit maupun rambut. Tidak heran apabila saat ini banyak skin care yang menggunakan produk kecantikan mereka dengan bahan dasar jeruk nipis.

Untuk mengatasi komedo menggunakan jeruk nipis tersebut pun sangat mudah kamu praktekkan di rumah. Ambil jeruk nipis dengan kulit yang masih segar, hindari mengambil jeruk nipis yang kulitnya sudah layu berwarna kuning sedikit kecokelatan karena khasiatnya akan sangat menurun. Oleskan jeruk nipis yang sudah dibelah tersebut ke bagian wajah yang terdampak masalah komedo sambil ditekan secara halus. Setelah itu diamkan selama 15 – 20 menit atau sampai benar-benar kering lalu bilas menggunakan air hangat. Biasanya hasilnya akan terlihat instan dimana komedo akan hilang bersamaan dengan air hangat saat kamu membilas wajah.

4. Pasta Gigi

Pasta gigi yang biasanya digunakan untuk membersihkan gigi ternyata bisa loh digunakan untuk mengatasi masalah komedo pada wajah dan cara menggunakannya pun sangat mudah sekali.

Kamu tinggal mengoleskan pasta gigi di area wajah yang terdampak masalah komedo sambil sesekali memberi pijatan pada bagian kulit yang ada komedo. Diamkan selama 10 menit, setelah kering segera bilas menggunakan air bersih agar wajahmu terbebas dari masalah komedo ini.

5. Tomat dan MinyakZaitun

Tomat tidak hanya bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan menyehatkan mata saja. Namun rupanya tomat dapat digunakan untuk menghilangkan komedo secara alami. Kandungan vitamin C dan vitamin E nya bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, terutama kulit. Berkat kandungan tersebut, tomat dapat mengangkat sel kulit mati dan juga menutup pori-pori wajah yang terlalu besar. Karena tertutup, produksi minyak akan bisa ditekan sehingga timbulnya komedo bisa dicegah.

Untuk menghilangkan komedo menggunakan tomat, kamu bisa menjadikan tomat sebagai masker alami yang ditambah sedikit dengan minyak zaitun agar hasilnya lebih efektif. Setelah itu,tempelkan pada wajah yang ada komedonya hingga masker setengah kering, pijat wajah yang sudah diolesi dengan masker tersebut dengan gerakan memutar kemudian diamkan hingga benar-benar kering.

6. Putih Telur

Putih telur sudah lama terkenal dapat mengencangkan kulit wajah dan menghilangkan komedo. Memang ada yang tidak tahan dengan bau amis yang dihasilkan dari putih telur, namun cara ini sangat efektif untuk menghilangkan komedo di wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur ini pun sangat mudah. Sediakan 1 biji telur ayam kampung lalu ambil putih telurnya saja, setelah itu kocok telur hingga berbentuk krim putih kental. Jika sudah ahli kamu bisa menggunakan cara manual dengan sendok untukmengocok putih telur, namun bagi yang belum mahir kamu bisa menggunakan bantuan mixer.

Jika bahan sudah lengkap, cuci wajah kamu dengan menggunakan facial foam, setelah itu oleskan putih telur yang sudah mengental tersebut ke bagian wajah yang ada komedonya disertai dengan memijat lembut bagian wajah tersebut. Diamkan selama 30 menit agar bahan alami terserap maksimal, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Mencegah Komedo Timbul Kembali

Selain tahu bagaimana menghilangkan komedo, sebaiknya kamu juga tahu apa saja yang menyebabkan komedo dapat timbul kembali. Komedo memang bisa hilang, namun juga akan mudah untuk kembali jika perawatan kulitmu tidak tepat. Untuk mencegah munculnya komedo kembali, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat rendah lemak, minyak, dan kolesterol.

Selain itu, bersihkan wajah jika wajah berkeringatdan sehabis terkena zat polutan. Bagi kamu kulit berminyak, rajin rajinlah untuk membersihkan wajah saat akan tidur dan sehabis bangun tidur untuk mencegah produksi minyak berlebihan pada wajah.

Tidak hanya cara menghilangkan saja yang harus dilakukan, namun tindakan pencegahan komedo supaya tidak timbul kembali pun penting untuk dilakukan. Oleh sebab itu lakukanlah cara menghilangkan komedo yang telah disebutkan di atas satu per satu dengan konsisten sambil diimbangi dengan pola makan sehat dan rajin menjaga kesehatan kulit wajah.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE