Berita Terkini Seputar Banyuwangi

6 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dalam Waktu Singkat

Cara menghilangkan kutu rambut – Tanpa mengenal usia atau kelamin, kutu rambut adalah masalah klasik yang sering menimpa seseorang. Kutu rambut merupakan sebuah parasit yang hidup di kepala manusia dan menghisap darah di kepala.

Parahnya lagi, kutu ini bertelur di helai rambut dalam jumlah yang banyak sehingga meski induk kutu sudah hilang namun telurnya bisa menetas kapan saja yang akan membuat kutu baru bermunculan kembali.

Lalu bagaimana cara menghilangkan kutu rambutserta telurnya dalam waktu singkat? simak caranya berikut ini:

1. Sisir Serit

Cara menghilangkan kutu rambut yang pertama adalah menggunakan sisir serit. Sisir ini menjadi andalan bagi orang dari zaman dahulu sampai sekarang untuk menghilangkan kutu. Bedanya dengan sisir biasa adalah gigi pada sisir ini sangat rapat sehingga dapat kamu gunakan untuk menjebak kutu serta telur telurnya. Sisir ini bisa kamu temukan pada toko-toko kosmetik.

Lalu bagaimana cara efektif menghilangkan kutu dengan sisir serit ini?

Pertama sisir rambut kamu menggunakan sisir biasa terlebih dahulu. Setelah itu keramaslah menggunakan sampo biasa, sebelum membilasnya sisir rambut dengan menggunakan sisir serit tersebut. Dalam kondisi kena shampoo kutu tidak akan bisa berkutik sehingga menangkapnya menggunakan sisir serit ini jauh lebih mudah. Begitu pula dengan telur kutunya, akan lebih mudah hilang karena helai rambut yang licin membuat telur bisa mudah terlepas. Lakukanlah setiap hari agar rambutmu bebas dari kutu.

2. Cuka

Cuka tidak hanya bermanfaat untuk makanan saja, namun juga untuk kesehatan rambut. Sudah banyak yang membuktikan cuka bisa digunakan sebagai penghilang kutu yang lumayan  efektif. Rasa asam pada cuka inilah yang dapat membuat kutu jadi kelimpungan dan tidak berdaya.

Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyiapkan 2 sdm cuka dan 2 sdm minyak kelapa. Campur kedua bahan tersebut hingga benar-benar merata. Oleskan pada kulit kepala sebelum tidur lalu tutup kepala dengan shower cup dan diamkan selama semalaman. Pagi harinya sisir rambut dengan menggunakan sisir serit kemudian keramaslah seperti biasa. Perlu diperhatikan, cara ini tidak efektif digunakan bagi kamu yang punya kulit sensitif karena akan menyebabkan rasa perih di kulit kepala.

3. Mayonnaise

Biasanya mayonnaise digunakan sebagai pelengkap makanan bersamaan dengan saus, namun ternyata bahan ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan kutu. 

Caranya yaitu dengan menyiapkan 2 sdm mayonnaise original atau secukupnya, setelah itu oleskan ke atas kulit kepala dan lakukan pijatan secara lembut agar bahan ini meresap ke kulit kepala. Tutup rambut dengan menggunakan shower cup dan diamkan selama 5 sampai dengan 6 jam.

Setelah itu gunakanlah sisir serit agar kutu rambut dan telurnya bisa segera hilang dari rambutmu. Lanjutkan dengan keramas biasa menggunakan shampoo. Keringkan rambut dengan menggunakan handuk yang ditepuk-tepukan ke rambut namun jangan digosok karena akan membuat rambut bercabang.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu vital dalam sebuah masakan. Karena kandungan antiseptic dan senyawa lainnya membuat bawang putih ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak saja namun juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kutu rambut secara alami.

Caranya pun sangat mudah sekali yaitu dengan menyiapkan 10 siung bawang putih, blender atau giling bawang putih tersebut hingga benar-benar halus. Tambahkan 3 sdt air perasan jeruk nipis, kemudian campurkan secara merata. Oleskan pada kulit kepala sambil dipijit-pijit lembut. Tutup rambut dengan menggunakan shower cup kemudian diamkan selama 30 menit, bilaslah dengan menggunakan air bersih kemudian lanjutkan dengan keramas seperti biasa.

5. Mouth Wash

Selain bisa digunakan untuk menghilangkan kuman dan bakteri penyebab mulut, siapa yang sangka jika mouthwash juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu.

Untuk mengaplikasikannya, silahkan tuangkan obat kumur ke telapak tangan, kemudian oleskan ke kulit kepala sambil di pijit-pijit. Tutup kepala dengan menggunakan shower cup dan diamkan selama 2 jam. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih kemudian lanjutkan dengan keramas.

Jika ada permukaan kulit yang luka atau terbuka sebaiknya jangan menggunakan cara ini karena bisa menyebabkan rasa perih ketika terkena mouth wash saat dioleskan.

6. Minyak Kelapa

Untuk menghilangkan kutu rambut, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa. Kandungan vitamin E yang tinggi pada minyak kelapa dapat digunakan sebagai pelembut dan juga penjaga kilau alami pada rambut.

Caranya adalah dengan menghangatkan 2 sdm minyak kelapa, setelah itu oleskan pada rambut hingga ke kulit kepala disertai pijatan lembut agar bahan alami ini sampai ke kulit kepala secara merata. Diamkan selama 15 menit dengan menutup rambut menggunakan shower cup. Setelah itu sisir rambut dengan menggunakan sisir serit kemudian lanjutkan dengan keramas seperti biasa. Lakukan cara ini tiga kali seminggu agar kutu pelan-pelan hilang dari kepala.

Mencegah Kutu Rambut Balik Lagi

Kutu dapat kembali kapan saja di rambut apabila kamu tidak berhati hati melakukan perawatan pada rambut. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kutu tersebut kembali lagi, salah satunya adalah dekat dengan orang yang memiliki kutu. Kutu yang ada di permukaan rambut bisa berpindah ke rambut orang lain dan berkembang biak apabila dibiarkan. Penyebab lainnya adalah sering meminjam sisir orang lain yang ternyata orang tersebut punya masalah dengan kutu rambut. Pada helai rambut yang tertinggal di sisir bisa terdapat kutu yang mudah berpindah ke rambut orang lain ketika digunakan.

Masalah kutu harus segera diatasi terutama bagi anak-anak karena rasa gatalnya bisa mengganggu konsentrasi ketika belajar. Lakukanlah cara menghilangkan kutu rambut seperti yang disebutkan di atas dan hindarilah beberapa penyebab kutu tersebut kembali ke rambut.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE