Adu Kreativitas Wira Usaha Baru

3
240

Lewat Lomba Bisnis Plan yang Digelar Disperindagtam


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) Banyuwangi menggelar lomba bisnis plan bertajuk Banyuwangi Industrial Young Enterpreneur Competition (BIYEC 2013). Ada dua kategori lomba dalam acara yang bertema Pengembangan wira usaha industri makanan, minuman dan kerajinan berbisbnis agro itu. Yaitu kategori pelajar/mahasiswa dan umum.

Syarat mengikuti lomba adalah perorangan atau tim yang semuanya warga Banyuwangi. Setiap tim terdiri maksimal tiga orang. Berusia antara 16-35 tahun yang dibuktikan dengan KTP terkini. Wira usaha yang diperlombakan berlaku untuk perencanaan bisnis yang belum beroperasi maupun yang sudah beroperasi. Wira usaha yang diperlombakan harus bisa diimplementasikan sebagai bisnis nyata.

Wirausaha yang diperlombakan bukan skema distributor MLM, agen asuransi, member broker property, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut. Wirausaha yang diperlombakan belum pernah keluar menjadi pemenang dalam kompetisi serupa di tingkat provinsi maupun nasional. Dan merupakan karya original bukan plagiat.

Loading...

Kepala Disperindag Banyuwangi, Ir Hary Cahyo Purnomo, M.Si mengatakan, tahap pertama tim akan melakukan seleksi seluruh business plan yang masuk. Selanjutnya tim mengambil 10 peserta yang lolos seleksi per kategori. Aspek penilaian meliputi sistematika penulisan, originalitas idea atau gagasan, inovasi dan kreativitas. Selain itu analisa pasar, analisa sumber daya manusia, analisa teknis, dan analisa keuangan.

“Bagi yang lolos tahap pertama akan dilanjutkan ke tahap kedua. Yakni peserta wajib mempresentasikan business plan-nya di hadapan dewan juri,” jelas Hary. Hary menambahkan, formulir pendaftaran bisa diambil di kantor Disperindagtam atau dapat juga diambil di Radio Vis FM Banyuwangi, Radio Sri Tanjung FM Rogojampi, Radio Gandrung FM Purwoharjo, dan MC FM Purwoharjo, dengan menukarkan guntingan iklan BIYEC 2013 yang ada di koran Jawa Pos Radar Banyuwangi saat mendaftarkan diri.

 “Pendaftaran BIYEC 2013 gratis. Cukup gunting spot iklan BIYEC 2013 yang di koran Jawa Pos Radar Banyuwangi dan tukarkan dengan form pendaftaran. Panitia menyediakan hadiah total senilai Rp. 31,5 juta,“ pungkas Hary. Hary menambahkan, tujuan acara ini adalah untuk menumbuhkembangkan wira usaha baru dan meningkatkan kecakapan dan keterampilan a sence of bisnis di Banyuwangi. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :