Air Limun Demi Peningkatan UCI

0
138

airlimunCLURING – Program imunisasi merupakan salah satu program pokok puskesmas yang bertujuan untuk mencegah penyakit infeksi terutama penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Yaitu tuberculosa, diftheri, pertusis, tetanus, hepatitis, polio, campak danyang terbaru haemophylus infl uenza type B, yaitu penyakit pneumonia dan bahkan meningitis dapat dicegah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dengan demikian, program imunisasi yang optimal diharapkan mampu menurunkan angka kesakitan bahkan angka kematian balita, yang sejalan dengan Millenium Development Goal’s (MDGs) no. 4. Tingkat keberhasilan program imunisasi diukur dengan UCI (Universal Child Imunisation) desa dimana diharapkan minimal 80% bayi sebelum umur 1 tahun mendapatkan imunisasi dasar lengkap di seluruh desa.  

Data tahun 2013 UCI desa Kabupaten Banyuwangi 95,4% (207 desa dari 217 desa) sedangkan data UCI desa Puskesmas Tampo 100% (4 desa dari seluruh wilayah Puskesmas Tampo yang 4 desa) dengan cakupan sebagai berikut: Hb-0 342 (96,3%), BCG 354 (99,7%), Polio 1 338(96,2%), DPT 1 354 (>100%), Polio 360 (>100%), DPT 2 387(>100%), Polio 3 364 (>100%), DPT 368 (>100%), Polio 4 361 (>100%), Campak 353 (>100%), Imunisasi Dasar Lengkap 327 (>100%).

Air Limun (apresiasi ibu cerdas peduli imunisasi) adalah program inovasi yang menjadi terobosan untuk pencapaian dan penguatanUCI desa di Puskesmas Tampo. Bentuk kegiatan yang dicanangkan Air Limun adalah merupakan penghargaan yang diberikan kepada seorang ibu yang mempunyai pengetahuan paling bagus tentang imunisasi dan mempunyai kepedulian terhadap program imunisasi. Untuk kemudian dijadikan icon ibu cerdas peduli imunisasi Puskesmas Tampo dalam kurun 1 tahun.  

Menurut koordinator imunisasi Puskesmas Tampo, Cluring, Kasiyati Amd. Keb, kesempatan seleksi ini hanya diberikan kepada ibu saat anaknya mendapatkan imunisasi dasar lengkap (LIL) dengan diberikan kuisioner untuk dijawab sendiri pada saat itu juga secara tertulis. “Nantinya, jawaban akan dikoreksi, dinilai, diregisterkan. Dalam kurun waktu 1 tahun di setiap desa akan diambil 3 ibu yang dinilainya paling bagus untuk diseleksi lagi dengan tes tahap ke-2 di aula Puskesmas Tampo.

Tes tahap kedua yaitu tes tulis dan tes lisan dari kepala Puskesmas, dokter Puskesmas dan koordinator imunisasi. Melalui seleksi tahap 2 akan diperoleh juara 1,2,3 dan juara harapan,’’ kata Kasiyati. Juara satu inilah yang menjadi icon ibu cerdas peduli imunisasi dan akan mendapatkan apresiasi. Yaitu reward dari Puskesmas Tampo, sertifikat, Akan dilibatkan dalam kegiatan Puskesmas Tampo secara kedinasan yang terkait dengan program imunisasi, akan dilibatkan dalam kegiatan Puskesmas Tampo dalam acara non kedinasan.  

Misalnya acara halal bihalal dan pemotongan hewan kurban, serta foto ibu cerdas peduli imunisasi akan dipasang di pos pelayanan di puskesmas induk, polindes, poskesdes, dan puskesmas pembantu tiap tahunnya. Kepala Puskesmas Tampo Hj. Tatiek Setyaningsih S.ST, M.MKes mengatakan, dengan Air Limun memacu kemauan ibu-ibu untuk membaca/ belajar, khususnya tentang imunisasi dan akan memacu ibuibu untuk bayinya diimunisasikan sampai lengkap. “Sehingga UCI desa tercapai, dengan melibatkan lintas sektoral, PKK, FKI, Fatayat, Aisiyah, Kader Posyandu, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh lapisan masyarakat,” kata Tatiek. (radar)

Loading...