Aktivitas Raung Terus Menurun

0
361
TETAP DIPANTAU: Seorang petugas sedang meneropong Gunung Raung di Pos Pengamatan Dusun Mangaran.
TETAP DIPANTAU: Seorang petugas sedang meneropong Gunung Raung di Pos Pengamatan Dusun Mangaran.

SONGGON – Status Gunung Raung masih belum berubah sejak ditetapkan siaga tanggal 22 Oktober 2012 lalu. Sampai saat ini, aktivitas gunung dengan ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (dpl) itu masih terus berlangsung. Hanya saja, aktivitasnya terus mengalami penurunan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Kepala Pos Pengamatan Gunung Raung, di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Balok Suryadi mengatakan, aktivitas gunung terbesar di Pulau Jawa tersebut terpantau terus menurun. Meski begitu, status gunung tidak berubah. ‘’Gejala-gejalanya masih sama dengan sebelumnya,’’ terangnya.

Dia menjelaskan, masih diberlakukan radius 3 kilometer dari puncak gunung steril dari aktivitas manusia. Hingga kini, tidak ada fenomena binatang turun ke kampung. ‘’Meski status siaga, aktivitas warga tidak terganggu dan normal seperti biasanya,’’ jelasnya. Warga Dusun Krajan, Desa Sragi, Kecamatan Songgon itu menambahkan, gempa tremor yang terjadi saat ini rata-rata sehari hanya sekitar 7 ampituda. ‘’Gempa lebih rendah jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya,’’ tandasnya.

Seiring dengan aktivitas gunung menurun, lanjut dia, sejumlah alat yang sempat dipasang di sejumlah titik di lereng gunung sudah diambil. Kini, beberapa alat tersebut sudah dibawa ke Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung.  ‘’Sudah dibawa ke Bandung, warga yang datang ke sini juga sudah sepi,’’ pungkasnya. (radar)