Akupunktur Bisa Kurangi Berat Badan

0
1342

Layanan Akupunktur Bisa Diperoleh di RS Al Huda Genteng

GENTENG – Pengobatan akupunktur ternyata bisa menjadi salah satu terapi untuk mengurangi rasa sakit, menurunkan berat badan, hingga mengatasi persoalan kesehatan lainnya. Masyarakat juga tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan layanan akupunktur. Sebab, Rumah Sakit Al Huda Genteng sudah menyediakan layanan akupunktur. Hal ini disampaikan dr. Suryadinata, Kepala Instalasi Rawat Jalan RS Al Huda.

Dijelaskan, awalnya akupunktur merupakan cara pengobatan dari Cina (RRC). Setelah melalui berbagai penelitian, akupunktur telah menjadi pengobatan komplementer alternatif yang dapat bersinergi dengan pengobatan medis konvensional. Maka dari itulah, kata dia, RS Al Huda melakukan terobosan baru dengan menambah layanan bagi pasien yang hendak menjalani akupunktur.

Klinik akupunktur di RS Al Huda sudah dibuka sejak 1 Januari 2013. “Dan didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap dan tenaga kesehatan yang telah dibekali dengan pengetahuan medis, yakni anatomi, fi siologi, patofi siologi dan mendapat sertifi kat dari Departemen Kesehatan dan Pendidikan Formal Akupunktur,” paparnya. Ditambahkan, klinik Akupunktur RS Al Huda dapat menangani kasus-kasus penyakit melalui terapi akupunktur.

Misalnya masalah obesitas, gangguan pencernaan seperti sakit lambung, nyeri lambung, dan gangguan penyakit lainnya. Temasuk gangguan saraf, misalnya stroke, nyeri otot, nyeri pinggang, nyeri bahu, pusing, hingga sakit kepala sebelah. “Vertigo pun dapat diterapi dengan akupunktur. Termasuk pada kasus alergi dan gangguan pernafasan, seperti asma. Terapi akupunktur juga sangat membantu dalam penatalaksanaan asma serta mengurangi akibat dari alergi,” papar Surya.

Masih menurut Surya, beberapa pasien obesitas telah berhasil menurunkan berat badannya. Tentu saja ini bisa dicapai dengan mengikuti pola terapi akupunktur yang rutin. “Terapi ini cukup efektif membantu menurunkan berat badan karena bentuk terapi akupunktur adalah dengan cara menusukkan jarum halus ke dalam titik-titik di dalam tubuh manusia pada tempat-tempat tertentu di bawah kulit atau sampai ke otot-otot,” ujarnya. Kemudian dirangsang dengan alat elektrostimulator.

Stimulus ini diharapkan mampu meningkatkan imunitas/daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, mengurangi rasa nyeri dan relaksasi serta memberikan atau meningkatkan kualitas hidup mereka yang membutuhkan. Dijelaskan Surya, akupunktur selain bermanfaat untuk menangani berbagai kasus, juga berguna meningkatkan estetika. Yakni pada jerawat, pori-pori besar, keriput, flek, anti aging, kegemukan, dan kekurusan. Bermanfaat pula untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh,” ujarnya.

Terpisah, Intianah A.Md, akupunkturis RS Al Huda menjelaskan, akupunktur merupakan suatu pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang aman, ekonomis dan hasil yang memuaskan tanpa efek samping. “Akupunktur kecantikan didasarkan pada fisiologi dan patologi kulit,” ujarnya. Dikatakan, klinik Akupunktur RS Al Huda akan memberikan layanan terapi akupunktur setiap hari kerja mulai Senin-Sabtu pukul 07.00-14.00. (radar)