Anak-Anak Segobang Belajar Jaranan Barong Cilik “Kasmaran”

0
1669

“Mereka latihannya semakin rajin. Sekarang, selain alat musik, mereka sudah bisa tari garida, tari yaok, tari  pitik tarung, tari padang bulan, tari bali dan tari macan tawur,” jelas Pak Kumis. Anak-anak yang ingin ikut grup barongnya kemudian semakin  banyak.

Dari tujuh anak yang pertama ikut, sekarang sudah ada 25 anak yang bergabung dengan  kesenian barong milik Pak Kumis. Dia juga rela mendatangi sekolah-sekolah anak asuhnya untuk mengizinkan jika sewaktu-waktu ada tanggapan barong.

“Gurunya mendukung semua. Bahkan ada yang ikut nonton waktu latihan. Mereka senang ada regenerasi  seni Barong,” ujar Pak Kumis sembari membuka bungkus permen yang baru dibawakan salah satu anak asuhnya.  Sambil mengunyah permennya, Pak Kumis mengatakan jika hampir semua biaya dipenuhi sendiri.

Barong, macan-macanan dan pitik-pitikan berukuran anak-anak  dibuat sendiri oleh Pak Kumis. kemudian alat musik seperti kempul, kendang dan saron ada   yang membeli dan membuat sendiri. Sedangkan yang lainnya seperti ceng-ceng (sejenis logam pipih yang biasanya digunakan  dalam seni barongsai) dan reong masih harus menyewa. (radar)

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 | 2 |3 | Last