Anas Daftar Bacabup PDIP

0
249

anasssBANYUWANGI – Persaingan memperebutkan posisi calon bupati (cabup) Banyuwangi dari PDIP semakin sengit. Bupati incumbent Abdullah Azwar Anas resmi mendaftar sebagai cabup partai berlambang banteng moncong putih tersebut. Kepastian pendaftaran Anas sebagai calon bupati (cabup) PDIP itu terjadi di menit-menit akhir sebelum pendaftaran ditutup pukul 16.00 kemarin (29/12). Setelah mengambil berkas pendaftaran,


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Anas mengutus tim untuk mengembalikan formulir pendaftaran ke kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP, jalan Jaksagung Suprapto, Banyuwangi. Catatan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, Anas menjadi orang keempat yang mendaftar sebagai cabup dari partai pemenang Pamilu Legislatif (Pileg) 2014 tingkat lokal tersebut. Sebelumnya, Yusuf Widyatmoko yang juga wakil bupati (Wabup) Banyuwangi periode 2010-2015 sekaligus ketua DPC PDIP Banyuwangi juga telah melakukan pendaftaran serupa.

Selain Anas dan Yusuf, dua kader PDIP yang lainnya yakni Wiwik Pujiyanti dan Hermanto juga telah mendaftar sebagai cabup melalui partai yang dipimpin Megawati Soekarno putri tersebut. Wiwik merupakan mantan calon anggota legislatif (caleg) PDIP Provinsi Jatim pada Pileg 2014 asal Kecamatan Muncar. Sedangkan Hermanto merupakan mantan Ketua DPRD Banyuwangi masa jabatan 2009-2014.

Dikonfirmasi wartawan jawa Pos Radar Banyuwangi Anas mengatakan pihaknya mendaftar cabup PDIP setelah sebelumnya telah mendapat saran dari organisasi NU dan tokoh lintas agama. Hari ini (kemarin) saya mendaftar sebagai cabu PDlP) sekaligus memenihi persyaratan yang dibutuhkan, ujarnya. Menurut Anas, pihaknya mendaftar sebagai cabup PDIP lantaran jajaran pengurus parpol yang satu ini menjalin komunikasi yang cukup intens dengan dirinya.

Salah satu orang dekat Anas menambahkan, Anas mendaftar sebagai cabup PDIP lantaran partai tersebut merupakan palpol pertama yang menjalankan proses penjaringan cabup. Sedangkan parpol yang lain belum membuka penjaringan cabup,” kata sumber tersebut. Dia menambahkan, jika ada parpol lain yang pro-aktif menjaIin komunikasi dengan Anas, tidak tertutup kemungkinan Anas akan bersedia diusung sebagai cabup oleh parpol tersebut.

“Kalau ada parpol lain yang proaktif menjalin komunikasi, ya tidak menutup kemungkinan Pak Anas bersedia dicalonkan,” tuturnya. Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Calon Bupati PDIP Banyuwangi, I Made Cahyana Negara mengatakan, hingga pendaftaran ditutup kemarin, ada empat orang yang mendaftar sebagai cabup dari PDIP. Mereka masing-masing adalah Yusuf Widyatmoko, Wiwik Pujiyanti, Hermanto, dan Abdullah Azwar Anas.

Menurut Made tahap selanjutnya yang dilakukan pasca pendaftaran ditutup DPC PDIP Banyuwangi akan melakukan verifikasi berkas pendaftaran tersebut. Verifikasi akan di laksanakan mulai hari ini(30/12) sampai Senin, 5 Ianuari 2015 mendatang. “Setelah itu, berkas pendaftaran akan kami kirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP,” pungkasnya. Seperti diberitakan, proses pendaftaran dan penjaringan bacabup dan bacawabup PDIP Banyuwangi resmi dibuka Senin (22/12).

Parpol pemenang Pemilihan Umum Legislatif 2014 lokal itu siap menjaring figur potensial di Bumi Blambangan untuk di usung dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Banyuwangi tahun 2015 mendatang. Made Cahyana mengatakan, melalui penjaringan bacabup dan bacawabup kali ini, PDIPberusaha menjaring figur-figur potensial sebagai pemimpin kabupaten berjuluk Sunrise of Java. “figur-figur potensial itu akan kami usulkan ke DPP menjadi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Banyuwangi,” cetusnya. (radar)

Loading...