Arus Balik ke Bali Terus Mengalir

0
176

arusbalikkkkkKALIPURO – Arus balik Lebaran 2014 terus berlanjut di Pelabuhan Ketapang kemarin (9/8). 12 hari pasca Idul Fitri 1435 Hijriah, ribuan kendaraan roda dua yang hendak menyeberang ke Bali datang secara bergelombang di pelabuhan kebanggaan masyarakat Banyuwangi tersebut. Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi di lapangan, antrean motor mulai terjadi di depan loket masuk pelabuhan yang berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, tersebut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Beruntung, antrean kendaraan roda dua itu tidak sampai mengular ke jalan raya. Sementara itu, meskipun tidak sebanyak jumlah motor, mobil pribadi alias kendaraan keluarga yang didominasi mobil pelat DK juga mengalir ke Pelabuhan Ketapang. Walau harus antre masuk kapal, penumpukan mobil pribadi seperti yang terjadi sejak awal arus balik hingga Kamis lalu (7/8) tidak lagi terjadi kemarin. 

Kendaraan-kendaraan yang menyeberang ke Bali kemarin diindikasi kuat merupakan sisa pemudik yang belum kembali ke Pulau Dewata. Sebab, berdasar catatan PT. ASDP Indonesia Ferry (IF) Cabang Ketapang, hingga Jumat (8/8) jumlah penumpang yang telah kembali ke Pulau Dewata baru mencapai 90 persen. Kendaraan roda dua baru mencapai kurang-lebih 80 persen, dan kendaraan roda empat sudah mencapai 95 persen.

Manager Operasional PT. ASDP IF Cabang Ketapang, Saharuddin Koto, memprediksi arus balik Lebaran 2014 melalui Pelabuhan Ketapang akan tuntas hari ini (10/8). “Kami prediksi arus balik akan tuntas hari Minggu,” ujar Jumat lalu. Sementara itu, Bu Yusuf, 29, salah satu calon penumpang pengguna motor asal Jember mengatakan, dia dan suaminya sengaja kembali ke Bali kemarin. Itu dilakukan untuk menghindari terjebak macet di Pelabuhan Ketapang dan di jalan raya. “Selain itu, di rumah masih ada urusan yang harus diselesaikan,” kata dia. (radar)

Loading...