Arus Mudik Lebaran di Ketapang Mulai Terasa

0
117

arusKALIPURO – Meski Lebaran kurang delapan hari lagi, arus mudik di pelabuhan penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ketapang mulai terasa. Kendaraan yang keluar dari kapal ferry didominasi sepeda motor dan mobil pribadi. Jumlah penumpang pun mengalami peningkatan cukup drastis. Kendaraan dari arah Gili manuk lebih ramai daripada kendaraan dari arah Ketapang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

”Penyeberang dari Gilimanuk pada arus mudik biasanya lebih padat dibandingkan dengan dari Ketapang,” ujar Hery, salah satu petugas kantin kapal. Sebab, para pekerja asal Jawa yang bekerja di Bali maupun di Lombok sudah ada yang mulai mudik. Sedangkan kepadatan penyeberangan dari arah Ketapang terjadi saat arus balik nantiPenumpang kapal dari pelabuhan Ketapang kebanyakan untuk liburan ke Bali. Ahmad Rizal misalnya.

Loading...

Pria asal Jember itu mengaku ke Bali untuk mengunjungi tempat- tempat wisata yang ada di Pulau dewata. ”Saya mau liburan mas,” aku Rizal. Herawan, salah seorang penumpang kapal dari arah Gilimanuk mengatakan, dirinya memilih mudik lebih awal karena untuk persiapan Lebaran. Pria asal Licin, Banyuwangi itu memilih pulang kampung lebih dahulu untuk menghindari kepadatan saat puncak arus mudik nanti. ”Saya mudik bersama istri untuk persiapan Lebaran,” ujar penjuaol es krim di pulau Bali itu.

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang Waspada Heruanto membenarkan jika dari arah Gilimanuk lebih padat. ”Paling dari arah Ketapang tujuannya week end (berlibur),” imbuh Waspada. Sementara itu, hari ini posko terpadu Lebaran dimulai didirikan di Pelabuhan Ketapang. Posko terpadu tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat, khususnya yang akan mudik.

Pembuatan posko terpadu juga akan dilakukan di Pelabuhan Gilimanuk hari ini. Sebelum mendirikan posko terpadu, sebelumnya digelar apel pasukan gabungan dari kepolisian, TNI, dan elemen lainnya. Menurut Waspada, gelar pasukan akan dilaksanakan pukul 15.00 sore ini. ”Di Pelabuhan Gilimanuk juga akan ada gelar pasukan. Tapi akan dilaksanakan pada pagi hari. Di sini (Ketapang) siang hari,” pungkas Waspada. (radar)

Loading...