Asalnya Eropa, Booming di BWI

0
450


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SEPATU roda merupakan alat yang digunakan di kaki, mempunyai dua sampai empat roda di bagian alasnya. Untuk
menambah kecepatan biasanya sambil bergerak, para atlet dengan memakai sepatu roda ini akan mengayunkan kaki layaknya  seperti sedang berjalan.

Cara mengerem untuk berhenti dengan pakai alas bagian depan atau bisa juga menunggu hingga roda berhenti dengan sendirinya.  Tercatat pertama kali sepatu roda dipatenkan oleh J. Joseph Merlin  pada tahun 1760 di Belgia. Kala itu  dia membuat sepatu roda tak jauh berbeda dengan permainan ice   skate (seluncur es), di mana alas  sepatu juga memakai bagian seperti roda yang mirip seperti pisau di permainan ice skate biasanya.

Namun sayangnya sepatu roda  yang dibuat pada saat itu sangat ribet saat dikendalikan. Sepatu tersebut tidak memiliki rem untuk berhenti sehingga hanya menunggu sesuatu menahan atau sampai roda berhenti sendiri. Dalam sejarahnya yang tercatat di  Wikipedia, kemudian penemuan dalam bidang sepatu roda terbaru  ditemukan oleh James Plimpton di  awal tahun 1863.

Metode terbaru yang ditemukannya adalah sepatu dengan 4 roda yang ditata layaknya roda pada bagian mobil. Sepatu roda punya James ini memiliki keunggulan pada sumbu yang dapat memudahkan seseorang dalam mengatur gerakannya.

Sampai sekarang ini,  desain asli hasil ciptaan Plimpton  masih dipergunakan. Lalu terbentuk Federation De Roller Skating di tahun 1942,  selaku organisasi sepatu roda  berstandar internasional. Mulai semakin banyak bermunculan ajang kompetisi bergengsi sepatu  roda yang bertaraf internasional.

Namun, saat ini desain sepatu roda empat roda berjejer dua di belakang dan dua di depan tersebut sudah mulai ditinggalkan.  Desain sepatu roda yang saat inimulai booming adalah sepatu roda  dengan roda sejajar dengan empat  jumlah roda.

Sepatu roda saat ini juga sudah include dengan sepatunya. Hal ini tentu berbeda  dengan sepatu roda zaman dahulu yang pemainnya harus menggunakan sepatu  konvensional untuk bermain  olahraga sepatu roda. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :