Awal Desember APBD 2015 Ditarget Rampung

0
194

Senin DPRD Start Bahas PPAS
BANYUWANGI – Pengesahan APBD 2015 ditarget rampung sebelum akhir Desember 2014. Demi mengejar target itu, Badan Musyawarah (Bamus) DPRD akan star membahas Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran. Sementara (KUA-PPAS) yang merupakan cikal APBD pada Senin pekan depan (27/10). Sebelum membahas KUA-PPAS, para anggota DPRD yang tersebar di sejumlah alat kelengkapan dewan (AKU) itu akan menjalani bimbingan teknis (bimtek). Bimtek kali ini digelar agar anggota paham tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing AKD.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Ketua DPRD l Made Cahyana Negara mengatakan, bimtek pendalaman tupoksi AKD digelar selama. empat hari di Bandung, Jawa Barat (Jabar). Bimtek yang digelar di Hotel Claraty, Jalan Cihampelas, Bandung, tersebut berlangsung mulai kemarin (23/10) sampai Minggu (26/10). Made menuturkan, bimtek kali ini diperlukan lantaran tiga per empat anggota DPRD merupakan pendatang baru. 

Selama bimtek, nara sumber berkompeten akan memberikan materi kepada para wakil rakyat asal Bumi Blambangan tersebut, di antaranya pakar hukum tata negara, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan akademisi Universitas Pasundan. Menurut Balado. tujuan bimtek tersebut agar masing-masing person tahu dan paham tupoksinya. “Apalagi kita (dewan) harus segera membahas Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2015 bersama eksekutif,” ujarnya di konfirmasi via sambungan telepon kemarin (23/10).

I Made menambahkan, pembahasan KUA-PPAS kali ini akan dibreak down ke masing-masing komisi yang membidangi. “Rapat Badan Musyawarah (Banmus) pada Rabu (22/10) sudah menetapkan agenda pembahasan KUA-PPAS mulai Senin (27/10).” kata politikus PDIP tersebut. Senada dengan blade, wakil Ketua DPRD Ismoko mengatakan, bimtek kali ini untuk meningkatkan pemahaman masing-masing anggota terhadap tupoksinya. “Selain itu, pada bimtek kali ini akan ada sosialisasi undang-undang (UU) tentang MPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota (MD3),” ujarnya. 

Ismoko menambahkan, mayoritas anggota DPRD adalah wajah-wajah baru. Setelah mendapat pembekalan materi dalam bimtek kali ini, diharapkan kinerja mereka lebih sempurna. “Senin (27/10) komisi akan mengundang mitra kerjanya di eksekutif. Dalam pertemuan tersebut tidak dibahas nominal anggaran, yang di bahas adalah program rencana kerja pemerintah daerah (RKPD),” pungkasnya. (radar)

Loading...