Baca Barzanji untuk Selamatan Kampung

0
1023

ROGOJAMPI – Warga yang tinggal di Kampung Candian, Dusun Maduran, Desa/Kecamatan Rogojampi, punya tradisi menarik dalam  menyambut datangnya tahun baru Hijriah. Mereka menggelar pawai oncor keliling kampung.

Selain itu, warga membaca Barzanji di jalanjalan kampung. Tradisi yang dilaksanakan pada Minggu malam (19/10) itu sudah menjadi agenda rutin warga setiap tahun baru Islam. “Kami berharap berkah  dan keselamatan kepada Allah,” cetus Ubaidillah, 50, salah satu tokoh masyarakat Kampung  Candian, Dusun Maduran, Desa Rogojampi.

Selain itu, terang dia, dalam tradisi yang dilaksanakan di gang desa itu, warga berharap  dijauhkan dari segala bentuk bencana dan marabahaya. “Kita bersyukur sampai saat ini tidak ada bencana di Banyuwangi,” katanya.

Pembacaan Barzanji dalam selamatan kampung  itu, terang dia, sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad sebagai penyebar Islam yang  telah membawa perubahan besar dalam peradaban  manusia. “Kalau tidak ada Nabi Muhammad,  mungkin kita tidak bisa hidup di zaman seperti ini,” cetusnya.

Tradisi selamatan kampung itu diawali pawai  oncor. Dengan mengumandangkan kalimat  toyibah, tahlil, tahmid, dan takbir, anak-anak dan orang tua berkeliling kampung. Selanjutnya, mereka berkumpul di salah satu gang dan membaca Barzanji. Acara ditutup dengan doa dan makan bersama. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2