Barong Kuning Mulai Digarap

0
911
PENGARAHAN: Peserta BEC-2 mendengarkan materi workshop Barong Re-3 di BPPP Bangsring,
Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

WONGSOREJO – Tim kreatif Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2 terus mematangkan materi workshop.

Setelah menyelesaikan kostum Re-1 (merah) dan Re-2 (hijau), peserta Re-3 (kuning) mulai mendapat pelatihan pembuatan kostum di Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, kemarin (22/9).

Sebelum membuat kostum Re-3 yang nanti akan didominasi warna kuning, peserta mendapat pengarahan dari tim kreatif.

Tim awalnya memutar audio penampilan BEC- 1, kemudian peserta dipertontonkan bagaimana model kostum BEC yang akan dibuat.

Diharapkan, peserta BEC-2 mendapat inspirasi dalam mendesain kostum sesuai tema, yakni Re-Barong Using. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi, Suprayogi mengatakan, pembekalan pembuatan kostum Re-3 (kuning) akan berlangsung selama seminggu.

Selama tujuh hari, peserta akan digembleng oleh tim untuk membuat kostum kreatif. Proses pembuatan kostum itu masuk penilaian. “Untuk itu, peserta harus kreatif dalam membuat kostum Re-3. Jangan sampai lepas dari tema.

Unsur tradisional dengan seni modern kontemporer dan fashion show adalah unsur yang harus dimasukkan dalam membuat kostum,” jelasnya. (Radar)