Baru 11 Parpol Serahkan KTA

  • Bagikan
SERAHKAN KTA: Ketua DPC PD Banyuwangi Michael menyerahkan berkas KTA partainya di KPU Banyuwangi kemarin (26/9).

BANYUWANGI – Deadline verifikasi administrasi partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 akan habis tiga hari lagi yakni 29 September mendatang.

Namun, hingga kemarin (26/9) ternyata hanya sebelas parpol yang jumlah kartu tanda anggota (KTA)-nya sudah mencukupi untuk disetorkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi Ketua KPU Banyuwangi, Syam sul Arifin mengatakan, pihaknya masih menunggu kelengkapan administrasi parpol sebagaimana ditetapkan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2012.

Dalam Peraturan KPU ter sebut, di kabupaten yang jum lah penduduknya di atas satu juta jiwa, masing-masing par pol harus menyerahkan minimal seribu KTA. Nah, dari 20 parpol calon peserta pemilu yang me nyerahkan berkas verifikasi ke KPU Banyuwangi, baru sebelas parpol yang sudah memenuhi ambang batas hingga ke marin (26/9).

Artinya, sebelas parpol tersebut sudah menyerahkan seribu atau lebih KTA kepada KPU Banyuwangi. “Kita berharap parpol segera melengkapi administrasi. Batas waktunya sudah tinggal tiga hari lagi,” ujarnya kemarin.

Syamsul menambahkan, setelah melalui proses verifi kasi administrasi, KPU akan melakukan verifi kasi faktual. Namun, KPU Banyuwangi masih menunggu instruksi KPU pusat untuk melakukan verifikasi faktual tersebut.

“Kita akan membentuk lima tim untuk melakukan verifikasi faktual. Lima tim yang berasal dari staf KPU Banyuwangi tersebut akan dibagi sesuai daerah pemilihan (dapil) pada penyelenggaraan pemilihan legislatif di Banyuwangi,” jelasnya.

Sementara itu, sejumlah pengurus Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Banyuwangi mendatangikan tor KPU. Kedatangan  pengurus partai berlambang mercy itu untuk menyerahkan 2.001 KTA. “Partai Demokrat berusaha memenuhi persyaratan yang ditetapkan KPU.

Kita menyerahkan lengkap dengan daftar dan soft copy (KTA)-nya,” ujar Michael Edi Hariyanto, ketua DPC PD Banyuwangi. Michael menambahkan, sebenarnya DPC Partai Demokrat sudah menyiapkan 5.000 KTA pengurus parpol yang berasal dari seantero Banyuwangi.

Di jelaskannya, 2001 KTA yang di serahkan itu merupakan kartu keanggotaan pengurus. Bila diperlukan, partainya siap menyerahkan sisa KTA seluruh anggota yang kini masih berada di kantor DPC Partai Demokrat Banyuwangi. “Kita bu kan bermaksud show of force.

Kenyataannya jumlah warga yang mengumpulkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) ke pada kami mencapai 5.000 orang. Tanggal 29 (September) sisa nya akan kita susulkan jika memang dibutuhkan KPU,” pungkasnya. (Radar)

Baca :
NasDem Banyuwangi Tolak Tegas Wacana Penarikan Pajak Sembako dan Sekolah
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: