Bentuk Tandan Melingkar Mirip Ular

0
555
ANEH: Buah pisang milik Fatmawati di Lingkungan Krajan, Kelurahan Kertosari.

Pohon pisang bercabang-cabang sudah  sering ditemui di Bumi Blambangan. Kali ini, pohon pisang lebih unik muncul di Kelurahan Kertosari, Kecamatan Banyuwangi. Seperti apa keunikannya?
-GILANG GUPTA, Banyuwangi-


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

POHON pisang yang satu ini tidak seperti pisang pada umumnya. Bentuk tandan pada pisang yang tumbuh di sekitar rumah Fatmawati, Lingkungan Krajan, RT-2/ RW 3, Kelurahan Kertosari, ini lebih mirip ular. Lebih unik lagi, tandan itu tumbuh dari bagian tengah batang.

Tandan pisang itu tidak lurus, melainkan melingkari batang, seperti ular. Tandan muncul di tengah batang, tepatnya 20 cm dari daun. Ukuran buahnya relatif normal seperti pisang umumnya. Namun, ti dak seperti biasa, buah pisang ter sebut menghadap ke atas. Hal tersebut diakibatkan tandan yang melingkar itu ujungnya menjulang ke atas.

Loading...

Tinggi dan besar batang pisang tersebut relatif normal. Fatmawati, pemilik pohon pisang unik tersebut, baru mengetahui pisangnya unik saat hendak memanen pisang di pohon lain. Awalnya, dia tidak menyadari tanaman pisang yang satu ini unik. Dirinya baru menyadari setelah mengamati lebih teliti.

“Kalau dilihat sekilas memang tidak ada yang aneh. Tapi kalau dilihat secara teliti, tandan pisang itu seperti ular yang melingkar,” ujarnya. Fatmawati menambahkan, sejak baru ditanam, pohon pisang tersebut tumbuh normal seperti pohon pisang lainnya. “Di sekitarnya juga ada pohon pisang, tapi hanya pohon yang satu itu yang buahnya unik,” cetusnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2