Beri Layanan CT Scan Canggih

  • Bagikan

GAMBIRAN-Pelayanan Computerized Tomography Scanner (CT Scan) sudah bisa didapatkan di RS Al Huda Gambiran, Banyuwangi, sejak Januari 2011 lalu. Dengan fasilitas canggih itu diharapkan agar penegakan diagnosa dapat dilaksanakan secepat dan seakurat mungkin. Masyarakat pun jadi dapat terlayani dengan baik, terutama saat emergency, yang mana golden period (masa emas, Red) untuk menolong tidak hilang dan bisa dimanfaatkan sebaik- baiknya.

Sebagai alat pemeriksaan diagnostik kini sistem CT berperan penting dalam kedokteran kontemporer. Ada banyak pengguna dengan berbagai hasil, yang bisa didapatkan dengan menggunakan CT Scan. Baik untuk kegiatan screening (pemeriksaan kesehatan) maupun penegakan suatu diagnosa penyakit. CT Scan adalah pemeriksaan radiologi spesial, yang menggabungkan teknik komputer dan X-Rays dengan berbagai keunggulan dalam pemerik- saannya.

CT Scan RS Al Huda mengikuti perkembangan resolusi teknologi CT Scan, dengan lebih dari satu detektor (4 slice) berteknologi tinggi. Detektor itu berguna untuk mendeteksi kelainan di kepala, dada/paru, pembuluh darah, perut, saluran kencing, dan saluran pencernaan. Setiap kali pencitraan akan menghasilkan gambar, yang lebih jelas dan akurat.

Keunggulan pemeriksaan CT Scan adalah gambaran scan cross sectional sampai irisan tipis pada daerah, yang dikehendaki, sehingga tidak overlapping. Bahkan, dapat membedakan jaringan normal dengan kelainan yang beruku- ran kecil sekalipun. Geometric accurate tidak ada distorsi jarak dan ukuran lebih tepat, karakterisasi jaringan lebih tegas, serta gambar dapat diambil sesuai kemauan setelah proses.

Jenis pemeriksaan CT Scan, antara lain CT Scan dengan kontras dilakukan pemberian kontras pada saat pemerik- saan. Persiapannya pasien puasa 4-6 jam sebelum pem- berian kontras. Itu dilakukan untuk pemeriksaan proses desak ruang (tumor/massa, kista, infeksi infiltrata/ ab- scess, dan cairan). Juga dapat membedakan, apakah proses karena infeksi atau kelainan kongenital pembuluh darah (Anuerysma, AVM, Heman- gioma), dan lain-lain.

Baca :
Vaksinasi Covid-19 Di Pusat Kuliner dan UMKM

Ada pula hal–hal yang me- nyebabkan hambatan untuk CT Scan. Di antaranya, allergy kontras, asma, dan allergy/ dematitis berat. Selain itu, kondisi umum jelek, seperti sesak, gelisah, kesadaran menurun, dan gagal ginjal berat. CT Scan tanpa kontras dilakukan setiap saat tanpa persiapan khusus dan tanpa pemberian kontras.

Seperti pada kasus-kasus trauma, CVD, degenerasi (proses penuaan), hydrocephalus, dan control VP shunt. Hasil pemeriksaan CT Scan akan dibaca dan disimpulkan oleh dokter spesialis radiologi. Pelayanan CT Scan itu meru- pakan salah satu usaha Rumah Sakit Al Huda dalam meleng- kapi sebagai salah satu rumah sakit rujukan kecelakaan (trauma center) dan rujukan bedah syaraf. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: