Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Beri Rasa Aman kepada Nelayan, Satpolair Gelar Patroli di Perairan Banyuwangi

Foto: Kabarjawatimur

BANYUWANGI – Satuan Polisi Air (Satpolair) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi melaksanakan patroli perairan di wilayah Laut Banyuwangi, Senin (27/1/2020) kemarin.

Dilansir dari suaraindonesia.co.id, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada nelayan saat melaut.

“Kegiatan patroli perairan ini merupakan tupoksi polisi perairan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dengan sasaran kegiatan pelayaran rakyat baik yang membawa barang-barang kebutuhan pokok maupun nelayan (ikan),” ungkap Kasatpolair AKP Sudarsono.

“Adapun bentuk patroli perairan yang kita laksanakan di wilayah perairan laut Banyuwangi ini meliputi beberapa kegiatan yaitu pemantauan, pengawasan dan pemeriksaan, personil Satpolair Polresta Banyuwangi harus mampu menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan kondusif,” imbuhnya.

Saat patroli, lanjut Kasatpolair, para nelayan juga dihimbau agar selalu menggunakan alat keselamatan life jacket, serta mencari ikan di laut dengan menggunakan alat yang ramah lingkungan.

“Para nelayan kita himbau mengutamakan keselamatannya karena di rumah keluarga menanti. Selain itu diharapkan dalam mencari ikan nelayan menggunakan alat yang ramah lingkungan dengan tujuan menjaga dan memelihara kelestarian ekosistem yang ada di laut,” jelasnya.

Patroli perairan dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat khusunya nelayan pesisir, yang beraktivitas mencari ikan serta bagi kapal kapal rakyat yang membawa barang kebutuhan pokok dari Pantai Bomm Banyuwangi ke Pulau Sapeken Madura.

Hal ini karena kehadiran anggota Polri dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka yang sedang melaut, seperti halnya jika terjadi kecelakaan laut, maka Kapal Polisi dan Personel Polair dapat segera mendatangi dan memberikan bantuan SAR.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE