BPBD: Tanah Sumberdadi Rawan Longsor

0
495


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PESANGGARAN – Dusun Sumberdadi, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran yang longsor pada Sabtu malam (11/2), dinilai oleh tim BPBD Kabupaten Banyuwangi kondisinya memang rawan longsor. Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Kabupaten Banyuwangi, Eka Muharam, mengatakan saat ini di  Dusun Sumberdadi, Desa Kandangan itu tanah rekahan  sekitar 500 kubik rawan longsor.

Rencananya, tanah itu akan di longsorkan agar tidak membahayakan  warga sekitar. “Akan segera kita longsorkan,” katanya. Untuk melongsorkan tanah di lereng pegunungan itu, terang dia, akan menggunakan metode menggelontorkan air dengan mesin diesel ke sekitar tanah  tersebut. Metode ini, dinilai paling aman dan  bersahabat dibanding cara lain seperti peledakan.

“Rencananya kita gelontor dengan air saja,” jujarnya. Hanya saja, jelas dia, kendala yang dihadapi ketersediaan air. Air dari sungai terdekat, kini debitnya sedang menyusut. Jika kondisi air sudah meningkat, timnya akan segera melakukan penggelontoran air itu.

“Minggu- minggu inilah, airnya masih kurang,” jelasnya. Untuk melongsorkan tanah itu, terang dia, peralatan  yang sudah disiapkan di lokasi sebanyak lima mesin diesel. Dari lima mesin itu, satu milik BPBD dan  lainnya milik warga. “Peralatan sudah lengkap,  Cuma satu kita tarik untuk antisipasi ada banjir di  Banyuwangi, ” ungkapnya.

Untuk kondisi warga Dusun Sumberdadi, Desa Kandangan yang menjadi korban longsor, Eka menyebut  sudah semakin membaik. Pihaknya telah melakukan koordinasi dan menyalurkan bantuan berupa sembako untuk keperluan selama seminggu ke depan. Selain  makanan, BPBD juga memberikan perlengkapan hidup seperti tikar dan pakaian. (radar)

Loading...