Buah Naga Diolah Jadi Mi

0
403

PURWOHARJO-Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pertambangan (Disperindagtam) Banyuwangi melakukan terobosan menarik. Sebanyak 30 orang diberi pelatihan mengolah buah naga menjadi mi. Uniknya, mi tersebut berwarna ungu seperti warna buah naga. Pelatihan yang dipusatkan di Balai Desa Purwoharjo itu dimulai kemarin (11/2), dan berlangsung selama lima hari hingga 15 Februari 2013 nanti. Pesertanya berasal dari Bangorejo, Tegaldlimo, dan Purwoharjo masing-masing sepuluh orang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Selain menjadi mi, dalam pelatihan tersebut, buah naga juga bisa diolah sebagai produk lain, seperti kerupuk, selai, roti, jelly, jus, dan sirup. Kepala Disperindagtam Ir. Hary Cahyo Purnomo, MSi mengaku bangga ada terobosan pengolahan buah naga di Desa Glagah Agung, Kecamatan Purwoharjo tersebut. Dia yakin, mi tersebut akan menjadi produk nasional, karena satu-satunya di Indonesia. “Selain warnanya indah, rasanya juga enak,” katanya kemarin.

Sebelumnya, Disperindagtam juga melakukan terobosan dengan buah waluh. Bekerja sama dengan Disperindag Provinsi Jatim dan Universitas Negeri Jember, inovasi buah waluh diproduksi menjadi dodol, tepung, dan sirup. “Tahun lalu, pelatihan diberikan kepada 20 peserta dari dua desa di Cluring dan Tegalsari,” ungkap Hary. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :