Budi Daya Lobster Jadi Alternatif Ikan Sepi

0
144

budiPESANGGARAN – Para nelayan di Pantai Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, tidak perlu resah menghadapi musim sepi ikan. Kini mereka punya penghasilan lain melalui budi daya lobster. Sejak beberapa waktu lalu, para nelayan di Pantai Pancer dilatih dan diberi bantuan PT. Bumi Suksesindo (BSI) untuk membudidayakan lobster. Melalui program perikanan air laut sistem kolam semen itu, para nelayan terutama yang masih muda banyak yang membudidayakan lobster.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Program yang didanai corporate sosial responsibility (CSR) PT. BSI itu dianggap menjanjikan. Apalagi, wilayah Pancer juga mendukung. Selain itu, program itu dijadikan media belajar bagi masyarakat yang dekat pertambangan. “PT. Bumi Suksesindo berkomitmen menciptakan program yang berkelanjutan,” kata Head CSR & SR PT Bumi Suksesindo, Musmin Nuryandi. 

Program CSR di bidang perikanan air laut, terang dia, diprioritaskan untuk warga yang tinggal di daerah ring satu atau wilayah rencana pertambangan emas Gunung Tumpang Pitu. “Jika di Pancer ada angin barat daya yang mengakibatkan nelayan tidak melaut karena ombak besar, budi daya lobster bisa jadi alternatif penghasilan mereka,” ungkapnya. Musmin menegaskan, program itu telah berjalan baik. Mulai pembuatan sarana dan prasarana sampai budi daya lobster laut telah dilakukan dengan baik. “Program yang baik ini akan kita lanjutkan,” cetusnya. (radar)

Loading...