Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Buruh Migran Asal Banyuwangi Meninggal di Malaysia

Foto: Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Banyuwangi, Syaiful Alam Sudrajat/ngopibareng.id

BANYUWANGI – Seorang buruh migran Indonesia asal Banyuwangi, Jawa Timur, meninggal di Malaysia. Identitasnya diketahui bernama Siti Anisah, warga Dusun Sepanjang Wetan, Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Dilansir dari ngopibareng.id, rencananya jenazah korban akan dipulangkan ke Indonesia hari ini.

“Kami mendapatkan kabar dari Kedutaan (Malaysia) ada salah satu buruh migran kita meninggal di Malaysia,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Banyuwangi, Syaiful Alam Sudrajat, Senin (13/1/2020).

“Hari ini jenazah akan diberangkatkan dari Malaysia turun di Bandara Juanda,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterimanya, Siti Anisah meninggal pada Desember 2019 lalu.

Siti Anisah meninggal setelah menjalani perawatan akibat perdarahan. Namun dalam surat yang diterimanya, tidak dijelaskan penyebab perdarahan yang dialaminya.

“Pemkab Banyuwangi dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi diminta memfasilitasi pemulangan jenazah dari Bandara Juanda menuju Banyuwangi,” jelasnya.

Terkait hal itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Loka Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI). Rencananya jenazah akan dipulangkan dengan ambulans milik LP3TKI.

Siti Anisah sudah dua tahun bekerja di Malaysia. Dia bekerja sebagai housemate. Dia berangkat secara legal. Oleh karena itu dia akan mendapatkan hak-haknya berupa asuransi dan hak lainnya.

“Pemkab akan memfasilitasi semua baik itu buruh migran yang legal maupun ilegal. Cuma kalau yang legal, kami akan membantu pengurusan hak-hak nya,” tegasnya.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE