Beranda Sosial BWI Digoyang Gempa 6,3 SR

BWI Digoyang Gempa 6,3 SR

0
430

Dikira Letusan Gunung Raung, Warga Semburat


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Gempa bumi berskala 6,3 skala Richter (SR) mengguncang warga Banyuwangi dan seitarnya kemarin. Goyangan gempa itu menyebabkan warga panik. Tak sedikit warga berhamburan ke luar rumah untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Dari data website Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa kemarin terjadi sekitar pukul 14.05. Kekuatan gempa mencapai 6,3 skala Richter (SR). Namun pusat gempa tidak berada di Banyuwangi, tapi  berada di Samudera Hindia dengan kedalaman 10 km  atau tepatnya di 150 km barat daya Kabupaten Malang.

Meski pusat gempa berada di tengah laut, gempa kemarin tidak sampai menyebabkan tsunami. Lokasi gempa kemarin berada pada zona pertemuan lempeng Hindia Australia dan lempeng Eurasia. Dari data BMKG, letak persis gempa berada pada posisi  9,57 LS – 112,64 BT.

Sementara itu, untuk gempa kemarin dirasakan masyarakat Banyuwangi sekitar 5 detik.  Prakirawan BMKG Banyuwangi,  Yustoto Windiarto mengatakan,  adanya gempa kemarin tida pengaruhnya dengan aktivitas Gunung Raung. Sebab, gempa kemarin sifatnya berdiri sendiri, artinya gempa kemarin memang bukan karena aktivitas dari Gunung Raung.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last

error: Uppss.......!