Cahyana dan Sugirah Calon Ketua DPRD

0
238

cahyanaPKB Usulkan Joni dan Khusnan Jadi Wakil Ketua


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI- Partai Demokrat Indonesia(PDI) Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyuwangi, mengusulkan dua nama kadernya sebagai calon pimpinan DPRD ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing. Dua pemenang pemilu di Banyuwangi itu mengirim nama calon untuk mendapatrekomendasi sebagai calon defi ntif pimpinan DPRD.

DPC PDIP Banyuwangi mengirimkan dua caleg terpilih, Sekretaris dan Bendahara DPC I Made Cahyana Negara dan H. Sugirah. Dua nama itu diusulkan sebagai calon ketua DPRD. “Dari dua nama itu, DPP PDIP akan merekomendasikan satu nama sebagai calon ketua DPRD,” ungkap Ketua DPC PDIP, Yusuf Widyatmoko tadi malam (11/8). Menurut Yusuf, DPP PDIP sudah memiliki rekam jejak kedua kader PDIP.  

Karena itu, DPP PDIP tidak akan kesulitan untuk mengeluarkan rekomendasi satu calon pimpinan DPRD. “Sebelum mengeluarkan rekomendasi, DPP akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan dua nama yang diusulkan itu,” kata kader PDIP yang kini menjabat wakil bupati Banyuwangi ini. Sesuai jadwal, ungkap Yusuf, calon pimpinan DPRD Banyuwangi mendapat giliran melakukan uji kelayakan dan kepatutan di DPP pada 13 dan 14 Agustus mendatang.

”Setelah uji kelayakan dan kepatutan, DPP akan mengeluarkan rekomendasi satu nama. Sebelum pelantikan, satu nama calon sudah kita kirim ke sekretariat DPRD,” ujarnya. Sedangkan untuk DPC PKB Banyuwangi juga mengirimkan nama ketua dan sekretaris DPC, HM Joni Subagio dan H Khusnan Abadi. Kedua nama itu diusulkan untuk mendapat rekomendasi sebagai calon pimpinan DPRD. “ Selasa besok (13/8), DPP PKB mengundang dua nama yang diusulkan DPC PKB Banyuwangi,” ungkap Sekretaris DPC PKB, Khusnan Abadi.  

Khusnan memastikan, pada 14 Agustus mendatang, DPP PKB sudah menurunkan persetujuan satu nama dari dua nama yang diusulkan sebagai calon pimpinan DPRD. Walau jumlah kursi PKB sama dengan kursi PDIP, namun PKB hanya memiliki jatah wakil ketua DPRD karena jumlah perolehan suaranya lebih kecil dari PDIP.Pada Pemilu 2014, PDIP dan PKB sama-sama memperoleh 10 kursi. Walau sama-sama 10 kursi, namun jumlah dukungan pemilih lebih unggul PDIP.

Sedangkan untuk dua partai lainnya yang memiliki hak politik mengusung calon pimpinan DPRD, Partai Golkar dan Partai Demokrat belum menetapkan calon. Partai Demokrat masih menunggu turunnya rekomendasi dari DPP Partai Demokrat (PD) Jakarta. “Rekomendasi dari DPP, belum turun. DPC masih menunggu rekomendasi untuk mengusulkan nama calon pimpinan DPRD,” ujar Ketua DPC PD, Michael Edi Hariyanto.  

Sementara itu, DPD Partai Golkar Banyuwangi belum memiliki nama calon pimpinan DPRD. Partai warisan orde baru ini, belum menggelar rapat untuk menentukan calon pimpinan DPRD periode 2014- 2019 dari Partai Golkar. “Kita segera menggelar rapat untuk menentukan calon pimpinan DPRD,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, Sumantri Soedomo. (radar)

Loading...