Candrian Diminati Spearfishing

  • Bagikan

p.candrianPESANGGARAN – Satu lagi pantai di wilayah Kecamatan Pesanggaran, menyimpan keindahan yang luar biasa. Pantai yang belum banyak dikenal itu adalah Pantai Candrian yang berlokasi di timur Pantai Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Tidak mudah untuk menuju ke pantai ini, karena belum ada akses jalan. Pantai Candrian yang lokasinya berada di kawasan hutan KPH Perhutani Banyuwangi Selatan, itu bisa ditempuh dengan naik perahu ke arah timur dari Pantai Pulau Merah.

Karakter pantai ini, sangat mirip dengan Pantai wedi Ireng. Meski berada di pantai selatan, tapi ombaknya tidak terlalu besar. Yang menakjubkan, pantai yang berbentuk teluk kecil itu penuh dengan pasir putih. “Pantai Candrian belum banyak dikunjungi warga,” cetus Harmindun, 35, salah seorang penyedia jasa perahu.

Menurut Harmindun, setiap hari memang ada pengunjung yang minta diantar ke Pantai Candrian, tapi hanya sekitar lima orang. Mereka itu, jelas dia, datang ke pantai itu untuk mencari ikan. “Yang ke Pantai Candrian itu untuk memancing ikan,” katanya.

Selain memancing, jelas dia, para pengunjung Pantai Candrian itu mencari ikan dengan cara spearfising (tombak ikan), yakni berburu ikan dengan cara menembak menggunakan senapan panah. “Ikannya memang cukup banyak,” ujarnya.

Jika beruntung, jelas dia, pemburu ikan itu bisa mendapatkan ikan Sadar, tigerfish dan jenis ikan lain yang berada di sekitar tepi pantai. “Ini saya cari dapat ikan sadar dua ekor,” katanya pada jawa Pos Radar Genteng.

Minimnya pengunjung yang datang ke Pantai Candrian, bisa jadi juga karena mahalnya biaya sewa perahu. Untuk satu kali antar dan jemput, tarifnya mencapai Rp 800 ribu untuk delapan penumpang. “Sewa Rp 800 ribu itu akan kita tunggu, dan nanti juga akan kita antar keliling,” ungkapnya.

Menurut Harmindun, selama perjalanan menuju ke Pantai Candrian, pengunjung juga akan diajak melewati beberapa tempat yang nnenarik, seperti Pulau Mustaka dan Pulau Mbedil. “Di perjalanan ada batu mirip singa Sphinx hingga karang Hogwart.” jelasnya.

Salah satu pengunjung dari Surabaya, Suwito, 40, mengaku penasaran dan sengaja ingin melihat beberapa lokasi disekitar Pulau Merah yang belum banyak terekspos, salah satunya Pantai Candrian. “Penasaran, banyak lokasi bagus yang belum diketahui oleh umum,” terangnya (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: