Cap Go Meh Dirayakan Sederhana

0
218

cap-goBANYUWANGI – Perayaan Cap Go Meh, rangkaian ibadah umat Tri Dharma pasca tahun baru imlek, akan dilaksanakan nanti malam. Persiapan Cap Go Meh belum terasa kemarin sore. Tidak ada hal spesial yang dipersiapkan pengurus tempat ibadah Tri Dharma (TTTD) Hoo Tong Bio.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pelataran yang biasanya digunakan sebagai lokasi aktifitas umat juga teriihat tanpa hiasan. Beberapa pekerja konstruksi tampak hilir mudik seperti biasa seolah tidak ada perayaan apa pun. Wakil bagian persembahyangan, TITD hoo Tong Bio, Sutrisno, mengakui memang tidak ada persiapan berlebihan dalam menyambut Cap Go Meh. Perayaan Cap Go Meh tahun ini, kata Sutrisno, akan dilaksanakan sesederhana mungkin.

Hal itu dilakukan berdasar pertimbangan kondisi tempat ibadah yang masih belum selesai diperbaiki dan suasana prihatin pasca musibah kebakaran. “sembahyang Cap Go Meh tahun ini akan kita adakan di pelataran klenteng. Acaranya Kamis (5/3) pukul 19.00. Acara kita gelar sesederhana mungkin, kata Sutrisno. Hiburan barongsai dan liang- liong akan tetap di adakan sebelum acara Cap Go Meh. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan makan lontong Cap Go Meh bersama para umat.

Cap Go Meh sendiri, kata Sutrisno, dirayakan saat bulan purnama pertama di tahun baru Imlek. Dengan diadakan sembahyang hari itu, umat diharapkan dapat membulatkan tekad dalam membina persatuan di tahun kambing kayu ini. Sementara itu, tidak adanya persiapan dalam menyambut Cap Go Meh itu, kata Kepala Kantor TITD Hoo Tong Bio, Ong Kok Yoe, tidak akan mengurangi intisari ibadah Cap Go Meh.

Justru yang akan di persiapkan adalah ulang tahun Kongco Tan Hu Cin jin ke-231. Namun demikian, Ong Kok Yoe mengaku khawatir terkait kondisi kelenteng saat ini. “Biasanya banyak tamu dari luar kota yang kemari saat ulang tahun Kongco. Tapi kondisinya masih seperti ini. Undangan tetap kita sebarkan. Semoga kami bisa menampung tamu,” kala Ong Kok Yoe. (radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi