Cara 2 Fotografer Banyuwangi Bantu UMKM Agar Bangkit Hadapi Covid-19

  • Bagikan
Foto: Merdekacom

BANYUWANGI – Dua orang pemuda asal Kabupaten Banyuwangi, Zulfan Tri Adji (28) dan Ady Sasmita (28) yang aktif di bidang fotografi produk melakukan aksi solidaritas membantu pelaku UMKM agar bangkit menghadapi masa Virus Corona atau COVID-19.

Dilansir dari Merdekacom, kedua pemuda tersebut membuat pengumuman “UMKM Bangkit” dalam poster dengan menawarkan foto produk gratis.

Harapannya, lewat karya foto keduanya, penjualan produk UMKM di Banyuwangi bisa kembali meningkat, di tengah lesunya pasar akibat Corona.

“Sekarang banyak warung tutup, dan penghasilan turun. Saya dan teman saya Ady memang berniat membantu agar UMKM itu bangkit lagi. Produknya saya fotokan untuk membantu pemasarannya di media sosial, agar orang tertarik dan mau beli. Dan ini saya lakukan dengan sukarela, gratis,” kata Zulfan saat dihubungi via telepon, Selasa (21/4/2020) kemarin.

Setelah sepekan membuat pengumuman foto produk gratis, Zulfan dan Ady menerima puluhan UMKM yang tertarik agar produknya difoto.

Keduanya pun membuat jadwal dan daftar antrean hingga 70 UMKM yang akan difoto selama pekan ini.

“Yang antri sudah 50, total ada 70 UMKM. Rata rata produk camilan, minuman, ada juga makanan berat hanya beberapa,” katanya.

“Saya fotokan sebagus mungkin, dengan harapan setiap orang tergiur memakan itu setelah melihat dari foto. Itu tujuan foto produk,” imbuhnya.

Dalam prosesnya, masing masing UMKM dibatasi mengirim 2 produk melalui jasa antar online untuk mencegah penyebaran virus corona. Hasil foto produk juga akan dikirimkan via online.

Tiap pelaku UMKM juga akan konsultasi via telepon terkait kemasan untuk mendapatkan gambar foto maksimal.

“Satu produk dapat dua foto, jadi kalau dua produk tiap UMKM saya kasih 4 foto terbaik,” katanya.

“Foto produk yang ribet kalau kemasannya jelek. Jadi harus saya tata agar bisa menarik kalau difoto. Saya dialog sama pelaku UMKM yang kemasan jelek, agar ada evaluasi juga. Property agar foto produk menarik semua dari saya, kalau bahan rempah dari UMKM,” imbuhnya.

Zulfan dan Ady, keduanya telah berkecimpung di bidang fotografi produk sejak tiga tahun silam. Lewat tim Banyuwangi Foto Produk, keduanya sering melayani foto produk di hotel, restoran hingga UMKM.

“Kami juga aktif di foto wedding dan pernikahan, tapi sekarang juga sepi. Meski sepi kalau foto tidak akan basi, tapi kalau produk makanan kan ada masa expirednya, dari sini saya juga tahu pendapatan UMKM turun 75-80 persen, jadi ini aksi solidaritas,” paparnya.

Sementara itu, Ady Sasmita menambahkan, sementara ini dia dan Zulfan akan membatasi jumlah UMKM yang dibantu dalam pemotretan foto produk.

“Karena hanya dua orang saya dan Zulfan, biar tidak kewalahan kami batasi sampai Ramadhan ini. Paling tidak sampai 150 UMKM, sekarang sudah 70 UMKM,” kata Ady.

Keduanya berharap agar Virus Corona segera berlalu dan bisa beraktivitas normal seperti sediakala.

“Harapan kita Covid-19 cepat berlalu, agar bisa kerja seperti biasa, UMKM kembali bangkit,” katanya.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: