Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

City Tour Finalis Jebeng-Th ulik

cityBANYUWANGI – Sepuluh pasang finalis Pemilihan Jebeng- Thulik Banyuwangi 2013 mengikuti city tour di kawasan Kota Gandrung dan sekitarnya kemarin (12/9). Bukan sekadar untuk bersenang-senang, kegiatan itu dilakukan untuk menambah wawasan para calon duta wisata Bumi Blambangan tersebut. Kantor Pemkab Banyuwangi menjadi jujugan pertama para finalis Pemilihan Jebeng-Thulik Banyuwangi 2013 tersebut.

Di pusat pemerintahan kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu, mereka ditemui Wakil Bupati (Wabup) Yusuf Widyatmoko, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Sulihtiyono, dan Ke pala Dinas Pemuda dan Olah raga (Kadispora) Achmad Khoirullah. Selanjutnya, sepuluh calon jebeng dan sepuluh calon thulik Banyuwangi itu mengunjungi hutan Kawasan Pemangku Hutan (KPH) Perhutani Banyuwangi Barat.

Di tempat itu mereka berupaya mengenal hutan dan komoditas hasil produksi Perhutani Puas belajar tentang hutan, mereka bergeser di Museum Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro. Di museum milik Komunitas Pen cinta Sejarah Blambangan (Koseba) itu mereka diberi wawasan sejarah Banyuwangi mulai periode kerajaan, masa kolonial, hingga masa revolusi kemerdekaan.

 Tidak hanya itu, para finalis ajang pemilihan duta wisata Banyuwangi itu juga berkunjung ke Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi untuk mendapat materi pengenalan laut. Calon jebeng dan thulik itu juga berkesempatan melihat penangkaran penyu milik Yayasan Penyu Banyuwangi di Kelurahan Kapuran, Ke ca matan Kalipuro.

Lokasi terakhir yang dikunjungi dalam city tour kemarin ialah kampus Universitas 17 Agustus 1945 (Un tag) Banyuwangi. Koordinator Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dan Karantina Pemilihan Jebeng-Thulik Banyuwangi 2013, Syaiful Anwar mengatakan, city tour kemarin merupakan satu agenda tahap prakarantina para finalis. “City tour ini dilakukan untuk menambah pengetahuan para finalis. Sebab, jebeng dan thulik ada lah duta wisata Banyuwangi,” ujarnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE