Dam Tersumbat, Air Meluap

0
438


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SRONO – Hujan yang hampir setiap hari turun dengan deras,  mulai banyak menimbulkan masalah, salah satunya banjir akibat luapan sungai, itu seperti  yang terjadi di Dam Marwo, Dusun Sukomukti, Desa Kebaman, Kecamatan Srono kemarin (14/12).

Di dam itu, kini dipenuhi sampah seperti ranting pohon dan kayu-kayu yang melintang. Akibat, bendungan itu tersumbat dan air sungai meluap  hingga ke perumahan penduduk. “Dam tersumbat,”  cetus Junaidi, 57, salah satu warga setempat.

Loading...

Junaidi mengaku baru mengetahui sungai di belakang rumahnya meluap setelah halaman rumahnya tergenang air. Agar  air di sekitar rumahnya tidak semakin besar, dia bergegas menuju Dam Marwo untuk membersihkan fasilitas tersebut. “Ternyata  sumber luapan itu karena dam tersumbat sampah,” katanya.

Meski sedang turun hujan, Junaidi berupaya membersihkan sampah yang menyumbat dam yang terbagi ke tiga titik saluran irigasi. Bahkan, dia juga harus berjibaku dengan derasnya air hingga mencemplungkan diri ke sungai. “Airnya sangat besar  dan arus kencang, debit air se makin bertambah tinggi,” cetusnya.

Saat membersihkan dam, sampah berupa kayu di naikkan ke daratan. Sedang sampah kecil-kecil  dihanyutkan. Dia mengaku prihatin dengan minimnya warga yang peduli dengan mampetnya saluranirigasi, dan masih banyak warga yang membuang sampah ke sungai.

“Kalau tidak cepat dibersihkan, air yang bertambah besar akan meluber dan masuk ke rumah warga,” terangnya.(radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :