Dengar Aspirasi dan Keinginan Rakyat

0
493

anbasBUPATI Anas memilih Pasar Genteng Wetan sebagai lokasi interaksi dengan warga. Begitu tiba di pasar yang terletak di tengah kota Genteng ini, Bupati Anas langsung masuk ke dalam pasar untuk menemui para pedagang yang sedang melakukan aktivitas ekonomi. Walau Bupati Anas datang pada saat kegiatan pasar sangat padat, namun sambutan warga dan pedagang cukup ramai. Agar tidak mengganggu aktivitas pedagang dan warganya, Bupati Anas memilih menghampiri setiap los dan lapak pedagang.

Salah satu toko yang dikunjungi Bupati Anas adalah toko batu akik milik Helmi. Di toko ini, mantan anggota DPR RI ini sempat melihat beberapa batu akik yang sedang trend. “Ini berapa harganya, wah dari batu apa ini,” tanya Bupati Anas pada Helmi. Tak berhenti di situ, Bupati Anas juga berkunjung ke toko pakaian jadi yang ada di dalam pasar. Bupati Anas pun mengajukan beberapa pertanyaan kepada pedagang terkait aktivitasnya di pasar.

“Dimana jenengan kulakan? jam berapa biasanya tutup,” tanya Bupati Anas kepada pedagang kain. Tak puas sampai di situ, Bupati Anas juga menyempatkan mengunjungi warung kopi milik YuMi di lantai dua Pasar Genteng. Di warung yang menjadi salah satu tempat ngopi pedagang dan warga ini, Bupati Anas ikut bergabung dengan warga dan pedagang yang sedang ngopi. Bupati Anas ngopi tidak sendirian, tetapi ditemani beberapa orang. Beberapa di antaranya, Kapolsek Genteng Kompol Riamun, Ketua GP Ansor Syukron Makmum H, sejumlah tokoh masyarakat, ormas pemuda dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Pada saat ngopi bareng itu, Bupati Anas memberikan ruang kepada warga dan pedagang untuk menyampaikan aspirasinya tentang pelayanan pasar dan pelayanan lainnya. Suasana begitu cair, masyarakat benar-benar memanfaatkan kesempatan yang diberikan orang nomor satu di lingkungan Pemkab Banyuwangi itu untuk menyampaikan aspirasi banyak hal tentang pembangunan Banyuwangi. Tidak hanya ngopi, Bupati Anas juga mengajak staf yang ikut mendampingi untuk makan nasi bungkus bareng warga.

Usai ngobrol bareng di warung kopi Yu Mi, Bupati Anas juga masih memberi kesempatan warga yang ditemuinya untuk mengeluarkan keluhan tentang apa pun. “Inti dari kegiatan ini, kami hanya ingin memastikan apa masyarakat sudah mendapat pelayanan dengan baik apa belum. Saya juga ingin tahu dari dekat keinginan warga yang sesungguhnya. Dengan ngopi bareng, duduk bersama seperti ini akan bisa tahu langsung apa mau mereka,” ujar Bupati Anas.

Sebelum berkunjung ke Pasar Genteng Wetan, Bupati Anas menunaikan salat Jumat di Masjid An-Nur, yang berada di Jalan Garuda, Genteng. Di masjid milik warga Muhammadiyah ini, Bupati Anas memberikan bantuan untuk pengecatan masjid. “Masjid ini sudah bagus, hanya tinggal dicat saja. Mudah-mudahan yang belum bisa menjalankan salat Jumat hari ini, diberikan hidayah,” kata Bupati Anas usai melaksanakan salat. (radar)