Diare Dominasi Rawat Inap

0
400

diareBelasan Pasien Opname di RSUD Blambangan


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI-Pada awal musim hujan ini, pasien penderita diare di RSUD Blambangan mendominasi pasien rawat inap. Dari 13 kasus, tujuh pasien menderita penyakit diare. Sedangkan dua pasien lainnya menderita serangan demam berdarah (DB). Yang ironis, serangan penyakit diare itu melanda pasien usia anak-anak. Sedangkan dua pasien DB rawat inap yang terkait musim hujan itu diderita orang dewasa. “Pada musim hujan, masyarakat harus waspada penyakit diare dan DB,” kata Kepala Bidang Pelayanan RSUD Blambangan dr Rezekiyanti.

Loading...

Serangan penyakit DB perlu diwaspadai, karena pada musim hujan sering terjadi genangan air. Untuk mencegah serangan DB, warga harus selalu menjaga  kebersihan lingkungan tempat tinggalnya dari genangan air. Penyakit diare, lanjut Rezekiyanti, tidak hanya melanda anak-anak. Tetapi juga melanda orang dewasa. Hanya saja, pasien dewasa tidak sampai menjalani rawat inap. “Hanya rawat jalan,” ujarnya. Dibanding bulan sebelumnya, pasien rawat jalan juga mengalami peningkatan pada awal musim hujan. Sebagian besar pasien rawat jalan itu menderita diare, infeksi pernapasan akut, bronchitis, dan infeksi pencernaan. Beberapa penyakit itu disebabkan ada perubahan musim panas pada musim hujan.

Untuk para penderita penyakit asma yang disebabkan cuaca dingin, juga perlu diwaspadai,” pesannya. Nah, untuk menghindari beberapa  penyakit itu, Rezekiyanti menyarankan, masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh kuat, kemungkinan terserang beberapa penyakit karena perubahan musim dapat diminimalkan. “Minumlah banyak vitamin yang bisa meningkatkan daya tubuh,” sarannya. Untuk mengindari penyakit diare, utamanya anak-anak hendaknya mengatur pola makan secara baik. Kebersihan badan dan lingkungan sangat berperan guna meminimalkan serangan diare. “Kalau habis kehujanan, segera mandi untuk menghindari demam,” nasehatnya. (radar)