Dicegat Gerombolan, 27 Teman Tewas

0
374
PEJUANG TANGGUH: Soekadi muda bersama istri (atas). Soekadi menunjukkan penghargaan dari Presiden Soekarno dan Soeharto (kanan).
PEJUANG TANGGUH: Soekadi muda bersama istri (atas). Soekadi menunjukkan penghargaan dari Presiden Soekarno dan Soeharto (kanan).

Kisah Perjuangan Serma (Purn) Soekadi, Tentara Tulen dari Bajulmati


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Genap 67 tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) lahir. Rentang waktu setengah abad lebih itu mengingatkan kepada generasi sekarang betapa gigihnya TNI berjuang membela negeri ini dari cengkeraman penjajah waktu itu. Tak terkecuali bagi Serma (purn) Soekadi. HUT TNI kali ini mengingatkan dia dengan masa-masa mengusir penjajah.

USIANYA sudah tergolong uzur. Meski sudah berumur 90 tahun, Soekadi masih lantang bersuara. Gaya bicaranya ceplas-ceplos dengan logat mataraman. Maklum Soekadi lahir di Tulungagung, dan lama bertugas di Banyuwangi.

Meski namanya tidak setenar Jenderal Soedirman, tapi sosok Soekadi cukup memberi arti dalam perjuangan Indonesia mengusir penjajah.

Dia ikut memanggul senjata ketika Surabaya digempur habis-habisan oleh pasukan Inggris 67 tahun lalu Bukan hanya itu, Soekadi muda juga ikut menumpas pemberontakan Kahar Muzakar di Sulawesi dan pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) tahun 1950.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last