Diguyur Hujan dan Angin, Satu Rumah Warga di Kalibaru Roboh

1
151

KALIBARU – Rumah milik Asam, 64, di Dusun Krajan, RT 3, RW 5, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, ambruk dan rata dengan tanah Kamis malam (5/1). Sebelum kejadian, di daerah itu turun hujan deras yang disertai dengan angin kencang.

Tidak ada korban dalam kejadian itu, Asan yang tinggal di rumah sendirian berhasil  selamat setelah bersembunyi di bawah  meja. Oleh warga,  kakek itu selanjutnya ditolong dan dievakuasi ke rumah tetangganya. “Saya tidak apa-apa,” terang Asan.

Saat rumahnya ambruk, Asan mengaku sedang duduk-duduk di kursi dalam rumahnya. Saat mendengar ada suara bangunan rumah yang ambruk, dirinya langsung bersembunyi di bawah meja.  “Ada suara brraak, saya langsung lari  ke bawah meja,” ungkapnya.

Rumah milik Asan itu ambruk sekitar  pukul 21.00. Saat kejadian, warga sekitar  sudah banyak yang tertidur karena sebelumnya turun hujan deras yang disertai angin kencang. “Angin kencang  dan hujan deras,” kata Siti, 42, salah satu tetangga korban.

Saat rumah itu Asan ambruk, sebenarnya hujan sudah mulai reda. Angin yang sebelumnya bertiup kencang, juga sudah  mulai normal. “Saat rumahnya Pak Asan  ambruk, hujannya sudah mulai reda,”  jelasnya. Ketua RT 3, Dusun Krajan, Desa Kalibaru Wetan, Satori, mengatakan  rumah yang ditempati Asan yang terbuat dari batako dan bambu itu kondisinya memang sudah memprihatinkan. Bambu pada  bangunan rumah, sudah banyak  yang lapuk.

“Bangunan rumahnya memang sudah lapuk,” cetusnya. Menurut Satori, para tetangganya sebenarnya sudah berencana akan memperbaiki rumah Asan itu dengan  gotong royong. Tapi sebelum niat  itu terlaksana, ternyata sudah ambruk   dan rata dengan tanah.

“Untungnya Pak Asan selamat,” ujarnya. Camat Kalibaru, Ahmad Nuruil  Falah, mengatakan Pemerintah Kecamatan Kalibaru bersama Forpimka dan jajaran Pemerintah  Desa Kalibaru Wetan, kemarin  (6/1) langsung mengambil langkah  cepat dengan membersihkan puing-puing rumah milik kakek  itu.

“Tadi (kemarin) kita bersih-bersih,” terangnya. Untuk perbaikan rumah korban itu, terang dia, Pemerintah Kecamatan Kalibaru telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Kalibaru Wetan dan Perkebunan PTPN XII Kebun Jatirono untuk bersama- sama membangun rumah kakek  yang ambruk tersebut.

“Kita akan  bantu bersama-sama, kayunya dari kebun,” jelasnya. (radar)

Loading...