Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Dikunjungi Duta Wisata Sebelas Kota

dikunjungiBANYUWANGI- Bupati Abdullah Azwar Anas kedatangan tamu istimewa dari sebelas kabupaten dan kota di Jawa Timur (Jatim) siang kemarin (21/9). Mereka adalah para duta wisata yang berasal dari sebelas kabupaten/kota. Sekitar 25 orang duta wisata itu diterima secara khusus Bupati Anas di halaman belakang Pendapa Shaba Swagata Blambangan dalam acara jamuan makan siang. Dalam kesempatan itu, Bupati Anas mengenalkan potensi budaya, seni, destinasi wisata, dan menu makanan khas Banyuwangi.

Bupati Anas menyampaikan, Banyuwangi memiliki cara sendiri dalam mendefi nisikan pariwisata dengan mengembangkan pariwisata yang high class. “Kita akan mengembangkan pariwisata kalangan menengah ke atas. Mereka biasanya membutuhkan suasana privat, bukan pariwisata masal,” jelas Anas. Menurut Bupati Anas, mantan Menteri Pariwisata RI Joop Ave beberapa tahun silam pernah menyampaikan, jika ingin melihat kekayaan culture datang ke Jatim.

Jika ingin melihat keindahan alam, maka datanglah ke Lombok. Pesan itu ditangkap secara cepat oleh masyarakat Lombok dengan cara segera membangun infrastruktur. Hasilnya, pengembangan pariwisata Lombok lebih cepat ketimbang tumbuhnya wisata di Jatim. Semangat Th e Sunrise of Java, kata Anas, memicu Banyuwangi untuk membangun dari sisi timur Jatim dengan connectivity. Implementasinya, membangun pariwisata Banyuwangi dengan feedback dari pelaku wisata dam travel agent.

Pelaku usaha, kata Anas, pemerintah daerah diminta untuk membangun infrastruktur jalan menuju destinasi wisata dan hotel. Pada tahun 2012 lalu, pemerintah mulai menggenjot perbaikan infrastruktur akses jalan menuju lokasi wisata. “Hotel bintang sedang kami bangun. Hotel yang dibangun harus mengakomodasi arsitektur lokal,” katanya. Anas berharap, apa yang dikerjakan Banyuwangi, bisa menjadi inspirasi untuk mengembangkan pariwisata Jatim.

Pengembangan wisata Banyuwangi selain berbasis culture, juga sedang mengembangkan wisata berbasis ecotourism. Kedatangan puluhan duta wisata dari sebelas daerah itu memenuhi undangan Dinas Pariwisata Jatim pada acara malam fi nal pemilihan Jebeng Th ulik 2013 tadi malam. Selain itu, para duta wisata itu belajar mengembangkan culture lokal agar tidak tergerus arus globalisasi. Salah satu pelajaran berharga yang dapatkan mereka adalah cara Banyuwangi mengembangkan potensi culture lokal dengan mengembangkan private partnership. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE